• May 2, 2024 5:44 pm

Fakta-fakta Penangkapan 6 Teroris JI di Lampung Berujung Baku Tembak

Densus 88 Polri dikabarkan menangkap Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) Farid Okbah di rumahnya di kawasan Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/11) pagi.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Densus 88 Antiteror Polri menangkap enam tersangka teroris jaringan Jemaah Islamiyah (JI) di wilayah Lampung. Dua dari enam tersangka ditembak mati lantaran melawan

Juru Bicara Densus 88 Kombes Aswin Siregar mengatakan operasi penangkapan tersebut dilakukan selama dua hari pada Selasa (11/4) dan Rabu (12/4), di Kabupaten Mesuji dan Kabupaten Pringsewu.

Penangkapan pertama kali dilakukan terhadap pelaku berinisial PS alias JA di Kabupaten Mesuji, Lampung. Tim densus 88 melakukan pengembangan dan menangkap tersangka N alias BA alias SA.

Selanjutnya, Aswin menuturkan operasi penangkapan kembali dilakukan di Kabupaten Pringsewu, Lampung, pada Rabu (13/4) malam.

Pihaknya kemudian berhasil menangkap 4 tersangka teroris lainnya yang berinisial H alias NB, AM, KI alias AS, dan ZK.

“Operasi berlangsung cukup sukses walaupun di dalamnya terjadi baku tembak antara tim Densus 88 dan para tersangka tidak pidana terorisme tersebut,” kata Aswin dalam konferensi pers, Kamis (13/4).

Berikut rangkuman fakta-fakta penangkapan 6 teroris JI di Lampung:

2 teroris ditembak mati

Aswin menjelaskan dalam penangkapan tersebut pihaknya sempat mendapatkan perlawanan dari dua tersangka teroris berinisial N dan ZK.

“Dua tersangka diantaranya harus dilumpuhkan atau dilakukan tindakan tegas karena memberikan perlawanan terhadap petugas,” jelasnya.

Anggota Densus luka serius

Dalam kontak tembak tersebut, Aswin mengatakan salah satu anggota Densus 88 yakni Bripda JO juga mengalami luka tembak serius pada paha sebelah kanan.

Akibat kejadian itu operasi penangkapan sempat berhenti lantaran harus mengevakuasi anggota tersebut terlebih dahulu.

“Saat ini korban sedang dalam penanganan medis yang intensif. Kita doakan mudah-mudahan anggota ini bisa cepat tertangani dan selamat,” kata Aswin.

Bantu persembunyian pelaku bom Bali 1

Aswin menjelaskan tersangka N telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak tahun 2016. Ia juga diketahui sebagai pentolan dari kelompok JI di Lampung.

Aswin menambahkan N juga membuat bunker yang digunakan sebagai bengkel merakit senjata api dan gudang persenjataan bagi kelompok tersebut.

Kemudian tersangka BA merupakan tokoh sentral dan berperan menyembunyikan DPO JI lainnya.

Aswin menyebut yang bersangkutan membantu menyembunyikan tersangka Bom Bali 1 Zulkarnaen dan perakit bom Poso Taufik Bulaga alias Upi Lawanga selama di Lampung.

“N alias BA ini memang tokoh sentral dalam konteks melindungi dan menyembunyikan tokoh tersebut yang berada di Lampung,” jelasnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya…



Berencana Serang Polisi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Fakta-fakta Penangkapan 6 Teroris JI di Lampung Berujung Baku Tembak” pada 2023-04-14 07:47:51

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *