• June 13, 2024 7:45 am

Kemarin, 10 tersangka korupsi rel kereta hingga penggerebekan teroris

Kemarin, 10 tersangka korupsi rel kereta hingga penggerebekan teroris

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta (ANTARA) – Beragam peristiwa hukum terjadi pada Kamis (13/4), mulai dari KPK tetapkan 10 tersangka korupsi proyek rel kereta hingga tim Densus 88 dikabarkan terlibat tembak-menembak dengan pelaku tindak pidana terorisme di Lampung.

Berikut rangkumannya:

1. KPK tetapkan 10 tersangka korupsi proyek rel kereta

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan 10 orang tersangka yang langsung ditahan terkait kasus dugaan korupsi proyek pembangunan dan perbaikan rel kereta api di Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

Selengkapnya baca di sini.

2. KPK sita uang tunai Rp2,8 miliar dalam OTT pejabat DJKA

Komisi Pemberantasan Korupsi menyita uang tunai Rp2,823 miliar sebagai barang bukti operasi tangkap tangan beberapa pejabat Direktorat Jenderal Perkeretaapian terkait kasus dugaan suap rekayasa lelang proyek pembangunan dan perbaikan rel kereta di berbagai wilayah Indonesia.

Selengkapnya baca di sini.

3. Yasonna tegaskan penjara bukan satu-satunya upaya penegakan hukum

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menegaskan bahwa hukuman penjara bukanlah satu-satunya upaya dalam penyelesaian pelanggaran hukum karena berujung pada jumlah tahanan yang melebihi kapasitas lembaga pemasyarakatan (lapas).

“Konsepsi penjara sebagai ultimum remedium, upaya terakhir, bergeser menjadi premium remedium, menjadi satu-satunya alat, bukan the last resource (upaya terakhir),” kata Yasonna dalam simposium nasional bertajuk “Menuju Paradigma Baru Pemidanaan Indonesia”, seperti dipantau dari kanal YouTube Humas Ditjenpas di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

4. SAR siagakan personel di titik rawan kedaruratan jalur mudik Lebaran

Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Palu menyiagakan sebanyak 87 personel di titik-titik rawan kedaruratan pada jalur mudik dan balik Lebaran 2023 di Provinsi Sulawesi Tengah.

“Kami menurunkan sebanyak 87 personel yang terbagi di Kota Palu dan beberapa Pos SAR, yakni Pos SAR Kabupaten Parigi Moutong, Luwuk, Toli-toli, Morowali dan Banggai Laut,” kata Kepala Kantor SAR Palu Andrias Hendrik Johanes saat apel siaga Palu, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

5. Densus terlibat tembak-menembak dalam penggerebekan teroris di Lampung

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri dikabarkan terlibat tembak-menembak dengan pelaku tindak pidana terorisme di Lampung.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan di Jakarta, Kamis membenarkan terjadinya peristiwa tersebut.

Selengkapnya baca di sini.

Baca juga: Menhub dukung KPK tuntaskan kasus dugaan korupsi proyek perkeretaapian

Baca juga: Tiga warga negara Uzbekistan serang petugas Imigrasi Jakarta Utara

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Imam Budilaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Kemarin, 10 tersangka korupsi rel kereta hingga penggerebekan teroris” pada 2023-04-14 08:05:15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *