• June 21, 2024 6:37 pm

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

DETASEMEN Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menyatakan enam teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) yang ditangkap di Lampung telah menargetkan polisi sebagai sasaran.

“Jadi kebanyakan dari kelompok ini merencanakan amaliyah ke kelompok atau ke petugas polisi,” ujar Juru Bicara Densus 88 AT Polri Kombes Aswin Siregar di Mabes Polri Jakarta, Kamis (13/4).

Aswin mengatakan, penangkapan teroris tersebut dilakukan pada Selasa (11/4) dan Rabu (12/4) di kawasan Mesuji dan Pringsewu Lampung.

Baca juga : Enam Teroris di Lampung Terafiliasi Kelompok Zulkarnaen dan Upik Lawangan

Penangkapan tersebut, jelas Aswin, diwarnai adanya baku tembak antara anggota Densus 88 dan teroris tersebut.

“Mulai dari hari Selasa hingga Rabu 11 hingga 12 April. Operasi berlangsung cukup sukses walaupun di dalamnya terjadi baku tembak antara tim Densus 88 dan para tersangka tidak pidana terorisme tersebut,” kata Aswin (13/4).

Baca juga : Begini Kronologi Baku Tembak Teroris JI dan Densus 88 di Lampung

Aswin menyebutkan, kelompok teroris tersebut melakukan perlawanan hingga dua di antaranya tewas. Terdapat pula, satu anggota Densus 88 Antiteror mendapatkan luka-luka akibat baku tembak.

“Dari peristiwa tersebut satu orang anggota Densus mengalami luka tembak cukup serius sehingga harus dievakuasi turun,” sebutnya.

Lebih lanjut, Aswin menerangkan anggotA Densus tersebut saat ini mendapatkan perawatan secara intensif.

“Kita bersimpati dan kita doakan mudah-mudahan anggota ini bisa cepat tertangani selamat dan kembali bergabung dengan kita dalam pelaksanaan tugas,” jelasnya.

Identitas teroris Lampung

Densus 88 Antiteror Polri menangkap total enam teroris di wilayah Lampung pada Rabu (12/4) kemarin. Penangkapan tersebut dilakukan di Umbul Way Kiri, Margorejo Margosari, Kecamatan Pagelaran, Pringsewu, Lampung pada Rabu (12/3).

Identitas teroris tersebut berinisial NG alias BA alias SA, ZK, PS alias JA, H alias NB, AM dan Ki alias AS. Namun, dari enam orang itu, dua di antaranya tewas.

“Adapun identitas tersangka adalah sebagai berikut atas nama inisial NG alias BA alias SA telah dilakukan tindakan tegas dan terukur sehingga mengakibatkan tersangka meninggal dunia. kemudian yang kedua atas nama ZK juga meninggal dunia,” ucap Ramadhan.

Diketahui sebelumnya, Karopenmas Divisi Humas Polri, mengonfirmasi bahwa Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menggerebek kelompok teroris di kawasan Lampung.

“Iya benar. Saat ini petugas Densus 88 masih bekerja di lapangan secara intensif menindaklanjuti seluruh rangkaian penegakan hukum ini,” kata Ramadhan (13/4).

Adapun lokasi penggerebekan kelompok teroris tersebut tepatnya di Umbul Way Kiri, Margorejo Margosari, Kecamatan Pagelaran, Pringsewu, Lampung pada Rabu (12/3). (Z-4)

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “Enam Teroris Lampung Targetkan Serangan ke Polisi” pada 2023-04-13 20:30:14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *