• May 20, 2024 6:11 am

Kronologi Penangkapan Teroris JI di Lampung yang Berujung Baku Tembak

Densus 88 Antiteror Polri menangkap tujuh tersangka teroris dari jaringan Jamaah Islamiyah (JI) dan pendukung ISIS di Jakarta, Tangerang, dan Kepri.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri membeberkan kronologi kontak tembak terhadap enam tersangka teroris jaringan Jemaah Islamiyah (JI) di wilayah Lampung.

Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar mengatakan operasi penangkapan tersebut dilakukan selama dua hari pada Selasa (11/4) dan Rabu (12/4) kemarin.

Ia menjelaskan operasi penangkapan pertama kali dilakukan di Kabupaten Mesuji, Lampung, terhadap pelaku berinisial PS alias JA. Dalam penangkapan tersebut, anggota Densus 88 kemudian melakukan pengembangan dan menangkap tersangka N alias BA alias SA.

“Atas nama inisial N alias BA alias SA telah dilakukan tindakan tegas dan terukur sehingga mengakibatkan tersangka meninggal dunia,” jelasnya dalam konferensi pers, Kamis (13/4).

Aswin mengatakan tindakan tersebut terpaksa diambil lantaran tersangka teroris N mencoba memberikan perlawanan terhadap petugas di lapangan.

Dalam kontak tembak tersebut, ia mengatakan salah satu anggota Densus 88 mengalami luka tembak serius pada paha sebelah kanan dan tengah menjalani perawatan intensif.

Selanjutnya, Aswin menuturkan operasi penangkapan kembali dilakukan pada Rabu (13/4) malam, di Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Melalui giat tersebut, ia mengatakan pihaknya kemudian berhasil menangkap empat tersangka teroris lainnya yang berinisial H alias NB, AM, KI alias AS, ZK.

Lebih lanjut, Aswin mengatakan petugas juga terpaksa melakukan tindakan terukur terhadap tersangka ZK lantaran turut mencoba memberikan perlawanan.

Adapun barang bukti yang turut disita dalam penangkapan tersebut diantaranya berupa 1 senjata api M16 yang digunakan untuk melawan petugas, satu senjata api Revolver, tiga senapan angin PCP, senjata rakitan berjenis Thompson, dan ratusan amunisi.

“Kemudian di bengkel juga ada banyak sekali bahan yang diduga untuk pembuatan senjata rakitan. Kemudian bersama beberapa dokumen atau catatan lain yang dikumpulkan penyidik dari tempat persembunyian mereka,” tuturnya.

(tfq/isn)



[Gambas:Video CNN]


Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Kronologi Penangkapan Teroris JI di Lampung yang Berujung Baku Tembak” pada 2023-04-13 12:36:43

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *