• July 25, 2024 10:38 pm

Boy Rafli soal Mutasi ke Densus 88 Polri: Ini Pulang ke Rumah

BNPT menyatakan sepanjang 2021 ada 364 orang ditindak aparat ke tahap pemeriksaan dan penyidikan kasus dugaan terorisme. 16 di antaranya terafiliasi dengan FPI.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar mengatakan mutasi dirinya sebagai perwira tinggi Densus 88 Antiteror Polri karena telah memasuki masa pensiun.

Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/713/III/KEP./2023 tertanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

“Saya kembali ke Densus ini kan pulang ke rumah. Kalau dari sisi usia kepolisian, saya sudah memasuki usia purnatugas, pensiun,” kata Boy kepada CNNIndonesia.com di Auditorium LPSK, Jumat (31/3).

Selain itu, Boy juga mengatakan dirinya akan lebih banyak terlibat di lembaga-lembaga non-formal setelah pensiun. Boy telah berusia 58 tahun pada bulan ini.

“Tentu kalau sudah memasuki purna tugas, tidak di struktural atau tidak di lembaga formal. Jadi banyak di lembaga non-formal. Kalau di lembaga non-formal itu kan sebagai masyarakat biasa,” ujarnya.

Boy Rafli memasuki masa pensiun pada bulan ini lantaran usianya sudah 58 tahun. Boy dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BNPT pada 1 Mei 2020 menggantikan Komisaris Jenderal Polisi Suhardi Alius.

Boy merupakan polisi lulusan Akpol tahun 1988. Sebelum menjadi Kepala BNPT, Boy pernah menjabat beberapa posisi di internal Polri, seperti Wakil Kepala Lemdiklat Polri, Kadiv Humas Polri, Kapolda Banten hingga Kapolda Papua.

Di sisi lain, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merekomendasikan sosok Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala BNPT. Rekomendasi itu telah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tadi Bapak Kapolri menyampaikan pesan, selain serah terima jabatan itu ada 3 pati polri yang akan melaksanakan tugas di luar struktur, yang pertama Pak Rycko. Pak Rycko akan duduk di jabatan Kepala Badan Nasional Penanganan Terorisme. Nanti akan dilantik Bapak Presiden,” kata As SDM Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (30/3).

Kapolri memutasi Rycko dari posisi Kepala Lembaga pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri menjadi Pati Densus 88 Antiteror Polri.

(far/fra)



[Gambas:Video CNN]


Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Boy Rafli soal Mutasi ke Densus 88 Polri: Ini Pulang ke Rumah” pada 2023-03-31 18:01:39

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *