• June 21, 2024 5:50 pm

Rusia desak AS buktikan tak bersalah terkait insiden Nord Stream

Rusia desak AS buktikan tak bersalah terkait insiden Nord Stream

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Moskow (ANTARA) – Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia di Amerika Serikat (AS) mendesak AS harus membuktikan diri tidak bersalah meledakkan pipa gas Nord Stream.

Sekretaris Kedubes Rusia di AS Igor Girenko mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihak Rusia tidak akan membiarkan begitu saja masalah tentang penghancuran infrastruktur energi kritis, mengingat fakta bahwa tidak ada yang diketahui tentang sisa bahan peledak di dasar Laut Baltik.

“Kami menganggap insiden ini sebagai sebuah aksi terorisme internasional yang memerlukan investigasi secara independen dan komprehensif. Amerika Serikat, yang mengklaim sebagai sumber ‘kebenaran pemungkas’, harus membatalkan tuduhan tak berdasar kepada kami dan mulai menyelesaikan masalah itu,” kata Girenko.

Dalam sebuah artiket yang dipublikasikan pekan lalu, peraih penghargaan Pulitzer Seymour Hersh mengungkapkan bahwa AS bekerja sama dengan Norwegia dalam sebuah operasi rahasia pada Juni 2022, untuk memasang bahan peledak berkendali jarak jauh yang menghancurkan tiga dari empat pipa Nord Stream tiga bulan kemudian.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Rusia desak AS buktikan tak bersalah terkait insiden Nord Stream” pada 2023-02-18 11:20:25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *