• May 9, 2024 3:26 am

Bom Astana Anyar, Pengamat Minta Waspada Teror Jelang Nataru

Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center, Ken Setiawan meminta aparat meningkatkan kewaspadaan jelang Natal dan Tahun Baru.
Lampung, CNN Indonesia

Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center Ken Setiawan menganggap aksi bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung adalah pemanasan kelompok teroris jelang momen Natal dan Tahun Baru.

Menurutnya, sel-sel aktif terorisme masih terus berkembang dan aktif di berbagai daerah di Indonesia.

“Untuk itu, perlu diwaspadai gerakan-gerakan terorisme saat perayaan Nataru 2023 mendatang,” kata Ken Setiawan dalam keterangan tertulisnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (7/12).

Ken mengatakan situasi jelang Natal dan Tahun Baru sangat riskan dan harus diperhatikan serius oleh aparat keamanan.

“Saya mengharapkan, seluruh jajaran aparat keamanan agar meningkatkan kewaspadaan terhadap pergerakan jaringan teroris tersebut,” ujarnya.

Ken menceritakan dua hari menjelang lebaran 1421 Hijriyah, bom meledak serentak di sejumlah gereja di Indonesia bersamaan dengan Misa Natal pada Minggu 24 Desember 2000 silam.

Kemudian sepekan jelang perayaan Paskah tahun 2021 lalu, ada dua terduga pelaku teroris meledakkan bom bunuh diri di depan Gereja Katedral di Makasar, Sulawesi Selatan.

“Tentunya, peristiwa tersebut menambah deretan panjang kasus serangan bom yang menyasar gereja di Indonesia,”kata dia.

Sejauh ini, Polda Lampung memperketat keamanan penjagaan dan pemeriksaan di pintu masuk. Berlaku di level polsek, polres hingga polda.

Selain itu, personel juga diminta agar meningkatkan kesiapsiagaan, peka dan tanggap dalam setiap situasi dan kondisi lingkungan sekitar guna mengantisipasi kemungkinan adanya ancaman aksi teror.

“Seseorang tidak dikenal masuk ke Mako Kepolisian Polda Lampung dan Jajaran (Polsek/Polsekta), akan diperiksa dan dicek identitasnya serta apa keperluannya. Meski memperketat penjagaan, kepolisian tetap memberikan pelayanan,” kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad.

(bmw)



[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Bom Astana Anyar, Pengamat Minta Waspada Teror Jelang Nataru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *