• May 6, 2024 1:27 pm

Turki Peringatkan Finlandia dan Swedia Sebelum Bergabung dengan NATO

ByRedaksi PAKAR

Nov 5, 2022 ,

TURKI tidak akan secara resmi menyetujui keanggotaan Finlandia dan Swedia di NATO sampai kedua negara mengambil langkah-langkah yang diperlukan. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan kepada kepala aliansi Jens Stoltenberg, Jumat (4/11).

Ankara menuduh kedua negara Nordik menyediakan tempat yang aman bagi gerilyawan Kurdi yang dilarang dan dianggapnya teroris serta nahan diri untuk meratifikasi keanggotaan NATO mereka meskipun ada kesepakatan pada Juni.

Baca juga: Tokoh Agama Dunia Harus Lebih Vokal Suarakan Ancaman Perubahan Iklim

“Presiden Erdogan mencatat bahwa langkah-langkah yang akan diambil oleh Swedia dan Finlandia akan menentukan seberapa cepat proses persetujuan … akan berjalan dan kapan akan diselesaikan,” kata kepresidenan Turki.

Erdogan dan Stoltenberg mengadakan pertemuan pribadi di Istanbul yang tertutup untuk media.

Finlandia dan Swedia membatalkan puluhan tahun non-blok militer dan bergegas menjadi anggota NATO pada Mei, setelah Rusia menginvasi Ukraina.

Tetapi Erdogan mengancam akan memblokir tawaran mereka dan mencari konsesi, yang mengarah ke kesepakatan pada bulan Juni antara Turki, Finlandia dan Swedia yang mencakup ketentuan tentang ekstradisi dan berbagi informasi.

Perdana Menteri Swedia yang baru Ulf Kristersson akan mengunjungi Ankara pada hari Selasa untuk bertemu dengan Erdogan dalam perjalanan yang diharapkan Stockholm akan menghasilkan persetujuan Turki.

Stoltenberg menyambut baik langkah-langkah utama dan konkret yang telah diambil oleh kedua negara untuk mempraktekkan memorandum tersebut, menekankan bahwa aksesi mereka akan membuat NATO lebih kuat, seperti disampaikan aliansi itu dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

Pada hari Kamis, sekretaris jenderal NATO mengatakan aksesi Finlandia dan Swedia penting “untuk mengirim pesan yang jelas ke Rusia” selama konferensi pers dengan menteri luar negeri Turki.

Semua 30 negara anggota NATO kecuali Turki dan Hongaria telah meratifikasi aksesi Swedia dan Finlandia. Anggota baru aliansi membutuhkan persetujuan dengan suara bulat. (AFP/OL-6)


Sumber: Media Indonesia | Turki Peringatkan Finlandia dan Swedia Sebelum Bergabung dengan NATO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *