• Februari 3, 2023 11:19 am

Cari Senjata Api, KKB Papua Adang dan Telanjangi 7 Warga dan 1 TNI

Pelaku pengadangan yang membawa senjata api merampas barang-barang elektronik milik korban sebelum melepasnya.
Jakarta, CNN Indonesia

Rombongan yang terdiri dari 7 orang sipil dan satu anggota TNI di Kampung Baguwo, Distrik Topiyai, Kabupaten Paniai diadang oleh kelompok bersenjata Papua, Jumat (7/10). Kelompok itu disebut mencari senjata api dari rombongan tersebut.

Dari keterangan tertulis Kodim Deiyai disebutkan, kejadian bermula saat tiga warga bersama satu anggota TNI akan kembali ke Kampung Enaratoli usai mengantar toren air (profil tank) di Distrik Aradide. Saat itu rombongan membawa dua truk.

Saat melintas di SMP 1 Ekadide, ada empat orang guru honorer ikut menumpang sampai Enaratoli.

Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan. Namun saat melewati Distrik Topiyai, Kampung Baguwo, mereka diadang sekitar 20 orang yang membawa empat pucuk senjata api. 

“Diperintahkan untuk keluar truk,” demikian dalam keterangan tertulis tersebut.

Kelompok pengadang kemudian menanyakan pada rombongan apakah mereka ada yang membawa senjata api atau tidak.

“Dijawab ‘tidak ada’ dan pihak KST (kelompok separatis teroris) tersebut menendang serta memukul 8 orang tersebut dengan menggunakan popor senjata sambil ditelanjangi”.

Tak lama kemudian warga mulai berdatangan untuk membantu. Saat itulah kelompok pengadang mulai pergi sambil membawa para korban.

Namun anggota TNI yang masuk dalam rombongan korban, Sersan Satu (Sertu) Bayu Dwi Prasetyo saat itu bisa melarikan diri. Dengan dibantu tukang ojek, ia diantar ke Kampung Enarotali.

Sementara delapan korban lainnya kemudian dilepas oleh pelaku setelah dirampas semua barang bawaannya. Rombongan tersebut kemudian tiba di Enaratoli menggunakan truk. Mereka dilaporkan terluka lebam karena dipopor senapan. 

“Semua barang Elektronik milik korban dirampas,” demikian keterangan tertulis TNI.

Pelaku ditengarai adalah kelompok bersenjata pimpinan Mathius Gobay, Panglima Kodap XIII Kegepa Nipo Paniai.

CNN Indonesia belum bisa mengkonfirmasi keterangan tertulis TNI ini pada pihak lain yang terkait.

Kekerasan bersenjata di Papua sampai saat ini masih kerap terjadi. Kelompok bersenjata yang dilabeli Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Kelompok Separatis Teroris (KST) kerap dikaitkan dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB).

(sur/sur)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Cari Senjata Api, KKB Papua Adang dan Telanjangi 7 Warga dan 1 TNI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *