• April 29, 2024 3:35 am

BNPT Bersama Kemendikbudristek Beri Beasiswa untuk Generasi Muda Papua dan Bentuk Duta Damai

ByRedaksi PAKAR

Oct 8, 2022

GENERASI muda adalah penerus bangsa. Karena itu sudah seharusnya mereka mendapatkan pendidikan yang layak.

Berangkat dari situ, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) hadir bagi generasi muda Papua dengan program ‘Papua di Hati’  yang memberikan beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) kepada 60 putra-putri Papua di Jayapura pada Jum’at (7/10).

Pemberian beasiswa itu merupakan bentuk kehadiran negara dalam upaya membangun kesiapsiagaan nasional dalam mencegah generasi muda dari paparan ideologi radikalisme. Kepala BNPT RI, Komjen Pol. Boy Rafli Amar  berharap beasiswa pendidikan tersebut dapat meningkatkan kualitas generasi muda untuk membangun Indonesia khususnya Papua yang maju, damai dan harmonis.

“Kita masuk era bonus demografi di mana usia produktif sangat dominan dan dengan SDM yang terdidik bisa menyongsong Indonesia emas, bisa membawa kemajuan Papua di masa mendatang,” kata mantan Kapolda Papua itu.

Senada, Kepala LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah) Wilayah XIV, Dr. Suriel Mofu, mengapresiasi BNPT RI yang telah hadir untuk Papua. Dia optimistis program beasiswa itu menjadi modal generasi muda Papua untuk melawan radikalisme terorisme dari hulu hingga ke hilir.

“BNPT membantu kami mengawal sehingga penerima beasiswa perguruan tinggi meningkat tahun ini. Kualitas SDM jadi modal bangsa ini,  jadi bangsa yang berkualitas,” kata Suriel.

Selain itu BNPT RI juga menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka mendukung pencegahan radikalisme terorisme di Papua. Kegiatan itu berupa pengukuhan duta damai dunia maya  Papua, deklarasi kesiapsiagaan nasional dan penandatanganan nota kesepahaman antara BNPT RI dan BAMAG Lembaga Keagamaan Kristen Indonesia. (RO/A-1)


Sumber: Media Indonesia | BNPT Bersama Kemendikbudristek Beri Beasiswa untuk Generasi Muda Papua dan Bentuk Duta Damai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *