• Februari 3, 2023 11:46 am

BNPT Kukuhkan Puluhan Pemuda Papua Jadi Duta Damai Dunia Maya

BADAN Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengukuhkan 50 anak muda Papua sebagai Duta Damai Dunia Maya di salah satu hotel Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (7/10).

 

“Hari ini kami sama-sama menyaksikan kreasi Duta Damai Dunia Maya Provinsi Papua tentunya akan menjadi generasi muda yang menginspirasi bahwa kami semua cinta damai karena damai itu sangat mulia dan indah sebagai karakter Indonesia,” Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar di Sentani, Jumat.

 

Menurut Boy Rafli, pembentukan 50 Duta Damai Dunia Maya Provinsi Papua meliputi blogger, desain komunikasi visual (DKV), dan informasi

teknologi (IT).

 

Sebelum dikukuhkan, kata dia, para duta mendapat pelatihan selama empat hari dengan membuat konten berupa tulisan, meme, infografis, dan video tentang kedamaian, kebinekaan, toleransi, dan kearifan lokal.

 

Dengan demikian, kata dia, pihaknya berharap para Duta Damai Dunia Maya Papua mampu menyebarkan konten dan narasi perdamaian, persatuan, toleransi, dan kebinekaan sehingga dibutuhkan dukungan dari unsur pemangku kepentingan setempat dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Papua.

 

“Kami berharap Duta Damai Dunia Maya Papua menjadi cikal bakal kelanjutan bagaimana anak-anak muda Papua berkreasi menghasilkan konten kreatif yang bisa menginspirasi semua, memberikan pendidikan, dan pencerahan kepada kita semua betapa pentingnya perdamaian itu,” ujarnya.

 

Dia menjelaskan keberadaan Duta Damai Dunia Maya Papua menjadi salah satu tugas BNPT berdasarkan mandat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

 

Terkait itu, BNPT banyak melakukan tugas bersifat soft approach atau pendekatan lunak dari hulu sampai hilir.

 

“Kalau merujuk UU Nomor 5 Tahun 2018 tugas BNPT tidak menangkap teroris tapi mencegah agar masyarakat Indonesia tidak menjadi teroris dan mencegah agar masyarakat tidak menjadi korban kejahatan terorisme sehingga ini harus dilakukan bersama dengan seluruh komponen bangsa dan elemen masyarakat,” katanya lagi


Baca juga: Satlantas Polres Tegal Kota Gelar Sosialisasi Tertib Lalin di Sekolah

 

Mantan Kapolda Papua ini menambahkan bahwa BNPT melakukan empowering pembangunan dengan kekuatan unsur pemerintah dan masyarakat, dengan konsep pentaheliks atau multipihak, yaitu pemerintah, akademisi, masyarakat, media, dan dunia usaha dalam konteks pembangunan kesejahteraan.

 

“Karena kalau masyarakat sejahtera kemungkinan mereka menjadi teroris menjadi kecil,” ujarnya.

 

Dia mengungkapkan terorisme sudah berkembang menjadi ideologi terorisme, bahkan paham dan pemikiran mereka berlandaskan ekstremisme dan keyakinan tertentu yang memiliki tujuan politik.

 

Kemudian di Indonesia, karakter ideologi terorisme tidak setuju konstitusi negara, tidak setuju dengan ideologi negara Pancasila, bersifat transnasional, yaitu ideologi dari luar yang dibawa ke bangsa Indonesia.

 

Selanjutnya, kata dia, terorisme bersifat intoleran, eksklusif, tidak bisa menerima yang lain, dan ingin hidup sebagaimana apa yang dipikirkan ditambah ideologi terorisme terkadang menggunakan narasi agama, kekerasan ekstrem yang bisa mengakibatkan korban jiwa, menghalalkan segala cara, dan antikemanusiaan.

 

“Yang pasti karakter mereka tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia yang cinta damai,” ujar Boy Rafli.

Dengan begitu, kata dia, di sinilah peran Duta Damai Dunia Maya Papua untuk mengajak generasi muda dengan memproduksi konten kreatif, damai, dan memviralkan di dunia digital.

 

“Harapannya hal itu bisa meng-influence pemikiran sehingga generasi muda aktif menjadi pelaku dalam mewujudkan perdamaian dunia,” katanya.

 

Ia meminta Duta Damai Dunia Maya Papua harus bergerak membangun semangat toleransi di tengah keberagaman, bergerak mengikis kekerasan antikemanusiaan karena itu musuh segala-segalanya dalam menciptakan perdamaian dan antikemanusiaan bisa melanggar hukum adat, hukum positif negara, hukum agama, dan sistem nilai luhur bangsa.

 

“Kami ingin membangun karakter generasi muda di mana pemerintah telah mencanangkan Indonesia Emas Tahun 2045 dengan kader pemuda yang cinta perdamaian dan siap mewujudkan perdamaian di Tanah Papua, di Indonesia, dan dunia,” katanya.

 

Dia mengharapkan agar para Duta Damai Dunia Maya Papua berjuang untuk mewujudkan perdamaian melalui karya positif sebagai kreator konten inovatif dalam menyebarkan virus perdamaian di provinsi paling timur Indonesia itu. (Ant/OL-16)


Sumber: Media Indonesia | BNPT Kukuhkan Puluhan Pemuda Papua Jadi Duta Damai Dunia Maya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *