• April 21, 2024 10:02 pm

Gandeng BKA Jerman, BNPT Ingin Perkuat Kerja Sama Penelitian dalam Pencegahan Terorisme

ByRedaksi PAKAR

Sep 5, 2022

BERBAGAI terobosan terus dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam upaya mencegah munculnya radikalisme dan terorisme. Terakhir mereka bersama Kepolisian Federal Jerman (Bundeskriminalamt/BKA) Republik Federal Jerman menyepakati pernyataan bersama tentang penguatan kerja sama penelitian untuk menanggulangi terorisme dan mencegah ekstremisme berbasis kekerasan.

Kepala BNPT, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H., mengatakan Indonesia dan Jerman menghadapi tantangan yang sama dalam isu terorisme dan ekstremisme. Dia berharap joint statement dapat menjadi penguat kerangka kerja sama dalam menghadapi kejahatan luar biasa tersebut.

Baca juga: BNPT Perlu Perkuat Kemampuan Penanggulangan Terorisme

“Indonesia dan Jerman menghadapi tantangan yang sama khususnya terorisme dan ekstremisme berbasis kekerasan, saya berharap pernyataan bersama ini  dapat memperkuat kerja sama dalam bidang pertukaran informasi dan pengalaman, peningkatan kapasitas personel, serta bidang lainnya,” kata Boy Rafli.

Vice President BKA, Michael Kretschmer, terkesan dengan penanggulangan terorisme dan ekstremisme yang dilakukan pemerintah Indonesia. Kretschmer mengapresiasi program deradikalisasi BNPT yang pernah dia kunjungi di Medan dan Lamongan. Hal tersebut mendorong pihaknya untuk merajut kerja sama dengan pemerintah Indonesia, dalam hal ini BNPT, untuk melawan dan mencegah terorisme.

“BKA tertarik dengan kompetensi BNPT dalam mencegah terorisme dan deradikalisasi, oleh karena itu kami senang dapat bekerjasama dalam bidang pertukaran informasi dan penelitian untuk mencegah terorisme,” katanya. (RO/A-1)


Sumber: Media Indonesia | Gandeng BKA Jerman, BNPT Ingin Perkuat Kerja Sama Penelitian dalam Pencegahan Terorisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *