• May 17, 2024 6:55 pm

51 Anggota NII Ikrar Setia ke NKRI di Kodam Siliwangi

Sebanyak 50 mantan anggota Negara Islam Indonesia (NII) mengucap ikrar setia kepada NKRI difasilitasi Kodam III/Siliwangi di Koramil 2413 Cilengkrang.
Jakarta, CNN Indonesia

Sebanyak 50 mantan anggota Negara Islam Indonesia (NII) mengucap ikrar setia kepada NKRI difasilitasi Kodam III/Siliwangi, Bandung, Jawa Barat.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen Tatang Subarna menjelaskan acara deklarasi dipimpin oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, bertempat di Koramil 2413 Cilengkrang.

“Pangdam III/Siliwangi mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas niat baik dan kesadaran anggota NII untuk keluar dari organisasi NII untuk kembali bergabung dengan NKRI,” kata Tatang dalam keterangan tertulis, Rabu (10/8).

Tatang mengatakan usai deklarasi Kodam III/Siliwangi akan menindaklanjuti dengan membuat sejumlah program-program untuk menjadi modal bagi mereka menjalani kehidupan di masyarakat.

“Harapannya akan ada deklarasi berikutnya dari anggota NII yang masih aktif lainnya untuk kembali ke pangkuan NKRI,” kata dia.

NII diketahui merupakan kelompok yang dipimpin Sekarmadji Maridjan Kartosuwiryo. Dia memproklamirkan NII atau dikenal juga dengan nama Darul Islam pada Agustus 1949 silam.

Kartosuwiryo kecewa dengan Indonesia yang menjadi negara republik. Dia mendambakan Indonesia menjadi negara yang menerapkan syariat Islam.

NII sempat merepotkan pemerintah Indonesia medio 1945 hingga 1950-an dengan menciptakan gangguan keamanan. Hingga kemudian, Presiden Sukarno meminta aparat bertindak tegas.

Kartosuwiryo ditangkap di Gunung Geber, Rakutak, Bandung Jawa Barat pada Juni 1962 lewat operasi pagar betis yang dilakukan TNI. Dia lalu dieksekusi mati.

Menurut Polri, NII belum benar-benar hilang. Jaringannya masih tersebar di berbagai wilayah Indonesia hingga saat ini.

(yoa/bmw)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | 51 Anggota NII Ikrar Setia ke NKRI di Kodam Siliwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *