• April 19, 2024 8:13 pm

Iran Gagalkan Serangan di Situs Sensitif, Tuding Mata-Mata Pro-Israel

KEMENTERIAN intelijen Iran pada Sabtu (23/7) mengumumkan penangkapan agen-agen yang terkait dengan Mossad Israel yang memasuki Republik Islam itu untuk melakukan serangan terhadap situs-situs sensitif. Kantor berita negara IRNA melaporkan itu.

Para tersangka memasuki Iran dari Irak utara tetapi ditangkap sebelum mereka dapat menjalankan misi mereka, kata IRNA, mengutip pernyataan dari kementerian. “Anggota organisasi teroris bekerja untuk agen mata-mata Zionis Mossad yang dikirim ke (Iran) untuk melakukan operasi teroris terhadap situs-situs sensitif,” lapor IRNA.

Pernyataan itu tidak mengatakan jumlah tersangka yang ditangkap atau kewarganegaraan mereka. Tidak diidentifikasi pula target daerah yang diklaim. “Anggota jaringan tersebut melakukan kontak dengan Mossad melalui salah satu negara tetangga Iran dan bermaksud melakukan kegiatan teroris yang belum pernah terjadi di beberapa lokasi sensitif dan target yang telah ditentukan,” katanya.

Para tersangka memasuki Iran dari wilayah Kurdistan Irak pada tanggal yang tidak disebutkan. Peralatan komunikasi modern dan alat peledak disita selama penangkapan mereka.

Baca juga: Rusia, Turki, dan Iran Lanjutkan Kerja Sama Berantas Teroris di Suriah

Iran dan Israel telah terlibat dalam perang bayangan selama bertahun-tahun. Republik Islam itu menuduh musuh bebuyutannya melakukan serangan sabotase terhadap situs nuklirnya dan pembunuhan tokoh-tokoh kunci, termasuk ilmuwan.

Namun ketegangan meningkat menyusul serangkaian insiden tingkat tinggi yang dituduhkan oleh Teheran kepada Israel.

Republik Islam itu menuding Israel atas pembunuhan Kolonel Pengawal Revolusi Sayyad Khodai di rumahnya di Teheran pada 22 Mei.

Dua anggota Garda senior lain juga tewas, yaitu satu dalam kecelakaan yang dilaporkan dan yang lain dalam penembakan pada awal tahun ini. Pada April, Iran menangkap tiga orang yang terkait dengan Mossad dan sebulan sebelumnya mengeklaim menggagalkan serangan terhadap pembangkit nuklir yang juga direncanakan oleh tersangka yang terkait dengan Israel. (AFP/OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Iran Gagalkan Serangan di Situs Sensitif, Tuding Mata-Mata Pro-Israel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *