• April 20, 2024 11:42 am

Kepala BNPT sebut Gowes Kebangsaan refleksikan semangat persatuan

ByRedaksi PAKAR

Jul 24, 2022
Kepala BNPT sebut Gowes Kebangsaan refleksikan semangat persatuan

Gowes Kebangsaan ini mengangkat narasi yang mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan.

Jakarta (ANTARA) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar mengatakan bahwa kegiatan Gowes Kebangsaan merefleksikan masyarakat yang mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan dengan bergerak maju melawan radikalisme dan terorisme.

“Gowes Kebangsaan tentunya memiliki makna tersendiri. Kalau gowes-gowes banyak di mana-mana, jadi tiap hari orang gowes. Akan tetapi, makna Gowes Kebangsaan ini adalah bagaimana kita mengangkat narasi yang mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan,” kata Boy ketika menyampaikan sambutan dalam membuka kegiatan Gowes Kebangsaan di area Car Free Day PIK 2, Jakarta, Minggu.

Dikutip dari keterangannya, Gowes Kebangsaan merupakan penutup rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-12 Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di area Car Free Day PIK 2 dan memiliki rute perjalanan kurang lebih 10 km.

Melalui kegiatan ini, BNPT merangkul kurang lebih 400 orang untuk mengikuti gowes.

“Terima kasih kepada seluruh peserta dan panitia yang telah bekerja keras, masyarakat yang bersama kami bergabung dalam kegiatan Gowes Kebangsaan ini,” ucap Boy.

Dengan adanya Gowes Kebangsaan, Boy berharap kebersamaan akan terus terjalin untuk membangun semangat cinta pada NKRI, cinta nilai-nilai luhur bangsa, dan cinta pada ideologi bangsa Indonesia, yakni Pancasila.

“Makna dari gowes ini bagaimana kita terus mengangkat narasi gelorakan semangat nasional, bela negara, bela bangsa, bela rakyat Indonesia dari pengaruh-pengaruh negatif, tentunya yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Gowes Kebangsaan diikuti oleh kementerian/lembaga dan masyarakat umum sebagai wujud dari tema HUT BNPT “Gelorakan Sinergi Bangsa dalam Mencegah Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme Menuju Indonesia Harmoni”.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jajaran pejabat dan staf di lingkungan BNPT, Pimpinan I BPK RI Nyoman Adi Suryadyana, dan mitra BNPT.

Acara ini turut dimeriahkan Sahitya Band yang merupakan juara satu festival musik kebangsaan yang digelar BNPT.

Sebelumnya, juga telah terselenggara sejumlah aktivitas dalam memeriahkan HUT Ke-12 BNPT, di antaranya ziarah kebangsaan di TMP Kalibata, aksi sosial donor darah, dan baksos. Selain itu, juga Presidential Lecture yang diisi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

BNPT juga menggelar lomba desain maskot, lomba TikTok Harmoni dalam Keberagaman, dan lomba Festival Musik Kebangsaan tingkat SMA-sederajat.

Baca juga: BNPT gelar donor darah di Jakarta dan Sentul menjelang HUT ke-12

Baca juga: Rayakan HUT ke-75 RI, BNPT umumkan pemenang lomba pidato Pancasila

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Kepala BNPT sebut Gowes Kebangsaan refleksikan semangat persatuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *