• April 20, 2024 9:42 am

Erdogan Cabut Penolakan terhadap Finlandia dan Swedia Bergabung dengan NATO

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Selasa (28/6), mencabut keberatannya atas bergabungnya Swedia dan Finlandia di NATO setelah bertemu dengan kedua pemimpin negara itu di Madrid.

Erdogan dengan keras kepala menolak memberi lampu hijau bagi permohonan kedua negara itu bergabung dengan NATO, sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina, meski negara-negara anggota NATO lainnya telah membuka jalan bagi Swedia dan Finlandia.

Turki berpeluang memveto bergabungnya Swedia dan Finlandia ke NATO mengingat seluruh negara anggota harus menyetujui masuknya anggota baru.

Baca juga: Tujuh Negara Anggota NATO Dukung Swedia dan Finlandia

Namun, Selasa (28/6) malam, kantor kepresiden Turki mengatakan Erdogan sepakat mendukung Swedia dan Finladia bergabung dengan NATO karena Ankara telah mendapatkan apa yang mereka inginkan.

“Turki telah mendapatkan apa yang mereka inginkan dalam perang melawan organisasi teroris,” ungkap kantor kepresiden Turki menjelang KTT NATO di Madrid.

Sebelumnya, Ankara menuding Finlandia dan Swedia menampung militan Kurdi, yang selama ini menggelar pemberontakan melawan Turki.

Kedua negara itu juga sepakat mencabut embargo senjata terhadap Turki yang mereka berlakukan sebagai tanggapan atas invasi Ankara ke Suriah.

Turki, Selasa (28/6), menandatangani memorandum besama Swedia dan Finlandia yang mendukung kedua negara itu menjadi anggota NATO.

Keputusan Turki itu diambil setelah Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg memediasi pembicaraan antara Erdogan dan para pemimpin Swedia dan Finlandia di Madrid.

“Saya dengan gembira mengumumkan telah tercapai kesepakatan yang membuka jalan bagi Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan NATO,” ungkap Stoltenberg.

Dia menambahkan kesepatan itu mengatasi kekhawatiran Turki terkait ekspor senjata api dan perang melawan terorisme. (AFP/OL-1)

 


Sumber: Media Indonesia | Erdogan Cabut Penolakan terhadap Finlandia dan Swedia Bergabung dengan NATO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *