• April 20, 2024 4:45 pm

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar menyebut TNI AD merupakan salah satu kekuatan utama BNPT dalam pelaksanaan strategi  nasional penanggulangan terorisme.

Kepala BNPT menyatakan hal tersebut saat menghadiri  Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD 2022 di Akmil, Magelang, Kamis (23/6). Kegiatan Apel Dansat diikuti 747 peserta.

 

Menurut Boy, TNI AD selama ini terus bahu membahu bersama segenap unsur terkait dalam kerja sama penanggulangan terorisme mulai dari pre-emptif, preventif, dan penegakan hukum.

“TNI AD adalah salah satu kekuatan utama yang membantu kami dalam mengerjakan strategi nasional penanggulangan terorisme,” tegas Boy.

Dalam upaya pre-emptif, TNI AD menggerakan kolaborasi unsur-unsur pimpinan TNI di daerah dan Forkopimda. Tujuannya menciptakan situasi aman dan menanamkan toleransi di daerah. 

“Selain itu, TNI juga dapat terlibat dalam tindakan preventif, penegakan hukum dan kerja sama,” jelas Boy.

Pada kesempatan itu, Boy Rafli membagikan pesan Panglima TNI Jenderal TNI Muhammad Andika Perkasa,. Pesan tersebut disampaikan Panglima TNI saat membahas sinergisitas BNPT dan TNI dalam upaya penanggulangan terorisme beberapa waktu lalu.  

Panglima TNI menekankan BNPT dan TNI harus terus meningkatkan sinergisitas terutama dalam hal intelijen. 

“Beberapa kali saya berkomunikasi dengan Panglima TNI dan beliau menyampaikan agar kita bersinergi memperkuat kegiatan-kegiatan intelijen dalam menanggulangi ancaman terorisme,” tutur Boy Rafli. (J-1) 


Sumber: Media Indonesia | TNI AD Kekuatan Utama Penanggulangan Terorisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *