• July 6, 2022 7:16 pm

BNPT Ungkap Abdul Qadir Baraja Tak Ikut Program Deradikalisasi

Petinggi Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Baraja tiba di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, setelah ditangkap polisi di Lampung.
Jakarta, CNN Indonesia

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut Abdul Qadir Baraja tidak ikut program deradikalisasi karena dulu menjadi narapidana terorisme yang dijerat menggunakan Undang-undang (UU) Anti-Subversi.

Demikian diungkap Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Ahmad Nurwakhid saat menjelaskan status pemimpin Khilafatul Muslimin itu sebagai residivis tindak pidana terorisme. Abdul Qadir Baraja dijerat pidana karena aksi teror di Warman pada 1979, serta bom Jawa Timur dan Candi Borobudur pada 1985.

Mengenai alasan tak masuk program deradikalisasi, Nurwakhid mengatakan karena itu baru diatur dalam undang-undang tindak pidana terorisme yang baru diterbitkan pada 2002 lalu.

“Kedua kasus tersebut menggunakan UU Anti-Subversi. Waktu itu kan belum ada program deradikalisasi dan lain sebagainya. Saat itu pendekatannya berbeda dengan sekarang, setelah ada UU Nomor 5 Tahun 2018,” ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (8/6).

Kendati demikian, Nurwakhid mengklaim pihaknya terus memantau dan acap kali menjalin diskusi dengan yang bersangkutan. Akan tetapi, untuk program khusus memang tidak bisa dilakukan sebab terbatas pada mereka yang dijerat dengan UU Tindak Pidana Terorisme.

“Nah ini kan udah lama ini, dan menggunakan UU Anti-Subversi yang waktu itu belum dicabut. Dicabutnya UU Anti-Subversi itu kan baru di tahun 1998 ketika reformasi,” jelasnya.

Sebagai informasi, Polda Metro Jaya telah menangkap pimpinan tertinggi Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja. Polisi menyampaikan penangkapan Baraja tak sekedar didasari aksi konvoi khilafah yang digelar di Cawang, Jakarta Timur pada 29 Mei lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan mengatakan kelompok Khilafatul Muslimin hendak menawarkan khilafah untuk mengganti ideologi negara. Meski demikian, pernyataan polisi itu sudah dibantah oleh pengurus Khilafatul Muslimin.

(tfq/kid)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | BNPT Ungkap Abdul Qadir Baraja Tak Ikut Program Deradikalisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.