• July 5, 2022 8:11 pm

Khilafatul Muslimin Buka Suara soal Penangkapan Abdul Qadir Baraja

Pengurus Khilafatul Muslimin Bekasi Raya belum mengetahui kasus yang menjerat pemimpinnya, Abdul Qadir Baraja.
Jakarta, CNN Indonesia

Amir wilayah Khilafatul Muslimin Bekasi Raya Abu Salma mengakui pemimpinnya, Abdul Qadir Baraja, ditangkap polisi. Namun dia tak tahu kasus yang menjerat Baraja.

“Saya membenarkan dan dapat informasi adanya penangkapan itu. Cuma kata penangkapan itu negatif ya, karena yang dimaksud ini kan, kita enggak tahu apakah kasus itu [konvoi khilafah] atau kasus yang lain. Secara informasi saya belum tahu dalam kasus apa,” kata Abu kepada CNNIndonesia.com, Selasa (7/6).

Abu menilai penangkapan Baraja kurang tepat jika dikaitkan dengan polemik konvoi motor dukungan terhadap khilafah di sejumlah wilayah di Jawa beberapa waktu lalu.

Ia menilai seharusnya Baraja tak dikaitkan dengan acara konvoi motor terkait khilafah.

Abu menyatakan konvoi itu bukan berasal dari instruksi pusat atau Baraja, melainkan hanya kesepakatan pengurus Khilafatul Muslimin di Jawa.

“Nah, harapan saya bahwa ini tidak dikaitkan dengan khilafah. Konvoi motor ini merupakan hasil musyawarah se-Jawa. Baik Jakarta, Bekasi Raya, Karawang, Priangan, Jateng dan Jatim. Ini harus ditekankan. Sehingga tak melibatkan di mana-mana,” kata Abu.

“Tak ada instruksi dari pusat, enggak ada. Kebijakan di Jawa sebetulnya. Maka ini kurang sinkron bila dikaitkan dengan itu,” tambahnya.

Pihak kepolisian menangkap Abdul Qadir Baraja di Lampung usai gelaran konvoi khilafah di Jakarta beberapa waktu lalu. Penangkapan dipimpin langsung oleh Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi.

“Ya, ada kaitannya [dengan konvoi khilafah],” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E. Zulpan.

Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya bakal langsung memeriksa Baraja setibanya di Jakarta. Saat ini dia masih dalam perjalanan menuju ke Jakarta.

“Iya nanti langsung diperiksa intensif,” kata Zulpan.

Kendati demikian, polisi belum menjelaskan apakah ada orang lain yang juga turut ditangkap bersama Baraja di Lampung.

Zulpan mengungkapkan bahwa penangkapan ini terkait konvoi khilafah di Cawang, Jakarta Timur. Namun, dia masih belum menjelaskan terkait status hukum dari Abdul.

(rzr/dis/pmg)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Khilafatul Muslimin Buka Suara soal Penangkapan Abdul Qadir Baraja

Leave a Reply

Your email address will not be published.