• June 26, 2022 11:31 pm

Kemendagri soal Khilafatul Muslimin: Ormas Harus Tunduk pada Pancasila

Kemendagri menegaskan seluruh organisasi masyarakat yang ada di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan Pancasila sebagai ideologi negara.
Jakarta, CNN Indonesia

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan seluruh organisasi masyarakat yang ada di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan Pancasila sebagai ideologi negara.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar merespons kemunculan kelompok Khilafatul Muslimin yang sebelumnya viral melakukan konvoi ‘Kebangkitan Khilafah’ di Jakarta.

Menurutnya, hal itu juga sejalan dengan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat yang melarang penyebaran ajaran atau paham yang bertentangan dengan Pancasila.

“Namanya organisasi apapun di negeri ini ya harus tunduk pada negara dan hukum-hukum negara dan harus juga tidak boleh bertentangan dengan pancasila,” ujarnya kepada wartawan, Senin (6/6).

Lebih lanjut, Bahtiar mengatakan saat ini pihaknya tengah mendalami kemungkinan adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh kelompok Khilafatul Muslimin.

Kendati demikian, dirinya enggan menjelaskan lebih lanjut tindakan yang akan diambil oleh Kemendagri apabila kelompok tersebut telah terbukti melanggar aturan yang ada.

“Kami sedang dalami dan cek lebih dalam lagi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Khilafatul Muslimin mengakui bahwa anggotanya yang melakukan konvoi di Cawang, Jakarta Timur. Kata Amir Khilafatul Muslimin DKI Jakarta Abudan, konvoi sudah dilakukan sejak 2018.

Sementara Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menyatakan saat ini pihaknya tengah mengumpulkan bukti-bukti dugaan tindak pidana terorisme yang berkaitan dengan kelompok Khilafatul Muslimin.

Kepolisian menilai bahwa ormas ini memiliki latar belakang dan juga kedekatan dengan sejumlah organisasi teroris. Polisi juga menduga mereka berpotensi menimbulkan kejahatan tersebut.

(fiq/agt)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Kemendagri soal Khilafatul Muslimin: Ormas Harus Tunduk pada Pancasila

Leave a Reply

Your email address will not be published.