• June 30, 2022 2:13 pm

Turki panggil dubes Yunani ke kemlu

ByRedaksi PAKAR

Jun 4, 2022
Turki panggil dubes Yunani ke kemlu
Ankara (ANTARA) – Turki memanggil duta besar Yunani di Ankara ke kementerian luar negeri untuk memprotes Yunani, yang dianggap memberikan kesempatan bagi kelompok teroris melakukan kegiatan, kantor berita milik negara Anadolu melaporkan, Jumat (3/6)

Duta Besar Christodoulos Lazaris dipanggil juga setelah Yunani mengizinkan protes di dekat kedutaan Turki di Athena oleh militan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang dianggap Turki dan Uni Eropa sebagai kelompok teroris, kata Anadolu.

Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan minggu ini negaranya menghentikan pembicaraan dengan Yunani, sebagian karena perselisihan dengan perdana menterinya dan apa yang disebut Ankara sebagai pelanggaran wilayah udara.

Perselisihan itu merupakan kemunduran terbaru dalam hubungan bertetangga yang bermasalah dalam waktu yang lama.

Tahun lalu, setelah jeda lima tahun, kedua anggota NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) itu melanjutkan pembicaraan untuk mengatasi perbedaan mereka di Laut Mediterania dan masalah bilateral lainnya.

Turki saat ini menolak upaya Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan aliansi NATO, dengan menuduh kedua negara itu menyembunyikan orang-orang yang terkait dengan kelompok yang dianggap organisasi teroris, termasuk PKK.

Sumber: Reuters

Baca juga: Erdogan sebut Yunani “menanam kekacauan” di laut Mediterania

Baca juga: Yunani sebut Turki bersikap picik atas Hagia Sophia

 

Yunani, Siprus, dan Israel berjanji tingkatkan kerja sama energi



Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Turki panggil dubes Yunani ke kemlu

Leave a Reply

Your email address will not be published.