• April 20, 2024 5:16 pm

AS Akan Dukung Resolusi IAEA Meski Iran Ancam Batalkan Negoisasi

AMERIKA Serikat, pada Kamis, mengonfirmasi akan bergabung dengan Eropa dalam mendukung resolusi yang mendesak Iran untuk bekerja sama dengan pengawas nuklir PBB, meskipun ada peringatan dari Teheran bahwa langkah itu bisa menggagalkan diplomasi.

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa kami berencana untuk bergabung dengan Inggris, Prancis dan Jerman dalam mencari resolusi yang berfokus pada perlunya Iran untuk bekerja sama sepenuhnya dengan IAEA,” kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price menjelang pertemuan pekan depan.

Dia mengatakan bahwa laporan terbaru oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengangkat keprihatinan yang sangat serius bahwa Iran telah gagal untuk secara kredibel menanggapi pertanyaan badan yang berbasis di Wina itu.

“Sangat penting bahwa Iran sepenuhnya mematuhi kewajibannya yang mengikat secara hukum di bawah Perjanjian Non-Proliferasi nuklir,” kata Price kepada wartawan.

Pada Rabu, Iran memperingatkan terhadap tindakan tidak konstruktif di IAEA dan mengatakan bahwa mereka akan merespons dengan tegas dan tepat.

Pertikaian potensial terjadi di tengah kebuntuan panjang dalam negosiasi untuk menghidupkan kembali perjanjian nuklir 2015 yang dihancurkan oleh presiden saat itu Donald Trump.

Negosiator AS tentang Iran mengatakan bahwa peluang untuk mencapai kesepakatan semakin kecil meskipun pembicaraan tidak langsung telah dilakukan selama lebih dari satu tahun.

Pemerintahan Biden telah menyuarakan kesediaan untuk menghapus sanksi besar yang dijatuhkan oleh Trump sebagai imbalan atas kembalinya Iran ke kepatuhan penuh.

Tetapi Iran juga telah mendesak penghapusan Pengawal Revolusi Iran dari daftar hitam terorisme, sebuah langkah yang telah ditolak Biden.

Laporan IAEA terbaru mengatakan Iran belum mengklarifikasi pertanyaan tentang keberadaan bahan nuklir yang ditemukan di tiga lokasi yang tidak diumumkan. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Israel Gelar Latihan Militer untuk Antisipasi Ancaman Iran


Sumber: Media Indonesia | AS Akan Dukung Resolusi IAEA Meski Iran Ancam Batalkan Negoisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *