• July 1, 2022 11:14 pm

Kemenag tegaskan moderasi beragama bukan pemahaman liberal

ByRedaksi PAKAR

May 31, 2022
Kemenag tegaskan moderasi beragama bukan pemahaman liberal
Jakarta (ANTARA) – Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin menegaskan bahwa moderasi beragama yang digaungkan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf berbeda dengan liberalisme.

“Moderasi beragama tidak pernah mengajarkan semua agama benar, sama sekali tidak. Moderasi beragama bagi umat Islam tetap mengajarkan Islam sebagai agama paling benar dan agama yang mengantarkan kita menuju surga dan ridha Allah,” ujar Kamaruddin di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kemenag: Moderasi beragama untuk bendung ekstremisme dan radikalisme

Ia mengatakan moderasi beragama bukan berarti pendangkalan akidah. Menurut dia, banyak warga yang tidak memahami moderasi beragama, sehingga beredar kabar tidak benar tentang program prioritas pemerintahan Jokowi-Ma’ruf tersebut.

Moderasi beragama, kata dia, bermakna memiliki keyakinan dengan Islam secara kokoh tetapi perlu saling menghormati dan menghargai tanpa harus menista serta menghina yang berbeda dengan keyakinan.

“Kalau liberal itu mengabaikan teks keagamaan bahkan mengabaikan apa yang sudah disepakati secara umum menggunakan rasio secara bebas. Itu bukanlah moderasi beragama,” ujarnya.

Baca juga: Ketua MPR: Moderasi beragama bukan mengabaikan ajaran agama

Oleh karena itu, ia menekankan moderasi beragama mengajarkan seluruh pemeluk agama untuk menjalankan ajaran agama yang dipercayainya secara militan tetapi harus bisa menghargai dan menghormati orang yang memiliki keyakinan yang berbeda.

“Apapun agamanya harus bisa menghargai pilihan orang lain. Karena sebagai seluruh warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama di hadapan negara,” kata dia.

Di sisi lain, ia mengajak kepada seluruh pegawai Ditjen Bimas Islam untuk mendiseminasikan paham moderasi beragama kepada masyarakat.

Baca juga: Wapres tekankan moderasi beragama, kunci jaga keutuhan bangsa

“Sebagai ujung tombak program moderasi beragama, seluruh pegawai Ditjen Bimas Islam berkewajiban mendiseminasikan dan menyukseskan program prioritas pemerintahan Jokowi-Ma’ruf,” kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Kemenag tegaskan moderasi beragama bukan pemahaman liberal

Leave a Reply

Your email address will not be published.