• July 5, 2022 8:33 pm

Bupati Maros usulkan FKPT dibentuk ditingkat desa

ByRedaksi PAKAR

May 27, 2022
Bupati Maros usulkan FKPT dibentuk ditingkat desa

Kehadiran FKPT sangat baik dalam upaya pencegahan sehingga perlu dibentuk FKPT di tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan hingga desa.

Makassar (ANTARA) – Bupati Kabupaten Maros Chaidir Syam mengusulkan agar Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) dapat dibentuk di tingkat bawah sebagai upaya pencegahan munculnya gerakan radikalisme dan terorisme.

“Kehadiran FKPT sangat baik dalam upaya pencegahan sehingga perlu dibentuk FKPT di tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan hingga desa,” ujar Bupati Chaidir saat workshop konten kreatif di ruang pola, Kantor Bupati Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jumat.

Pihaknya pun mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut, karena sebagai upaya pemerintah dalam pencegahan gerakan radikalisme yang bisa saja berjuang pada tindakan terorisme, utamanya di kalangan pemuda dan remaja.

Chaidir juga berpesan kepada generasi muda, karena mereka adalah garda terdepan dalam pencegahan terorisme, dengan jumlahnya sangat besar di era bonus demografi saat ini.

Selain itu, pemuda kini telah menjadi pemegang estafet kepemimpinan ke depan. Bupati berharap generasi muda dapat membuat konten kreatif yang memberikan edukasi kepada masyarakat dan disosialisasikan melalui dunia nyata dan dunia maya.

Dalam workshop tersebut, sineas muda sekaligus sutradara Ratrika Bhre Aditya mengajarkan materi tentang pembuatan konten kreatif di media sosial. Para peserta diwajibkan membuat konten kreatif lalu diupload melalui media sosial masing-masing.

Ketua FKPT Sulsel Dr Muammar dalam workshop menyampaikan bahwa pemuda harus aktif dalam mengisi media sosial dengan konten yang bermanfaat, sehingga tidak dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab.

“Anak muda harus aktif dalam membuat konten yang bermanfaat di masyarakat. Memberikan edukasi yang baik serta menyampaikan pemahaman yang wasathiyah, sehingga media sosial tidak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” katanya menyerukan pula.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Seksi Pengamanan Objek Vital BNPT AKBP Zulkifli, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Hamran, sineas muda sekaligus sutradara Ratrika Bhre Aditya, perwakilan staf BNPT dan FKPT Sulsel, pejabat pemerintah daerah serta mahasiswa dan pelajar.

Baca juga: BNPT ajak pemuda ciptakan konten kreatif untuk cegah radikalisme

Baca juga: Bupati Maros, Sulawesi Selatan dukung kampanye Pangan Lokal Tinggi Protein

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Bupati Maros usulkan FKPT dibentuk ditingkat desa

Leave a Reply

Your email address will not be published.