• March 29, 2024 9:16 am

JMI mengingatkan potensi keterkaitan masyarakat dengan terorisme

ByRedaksi PAKAR

May 25, 2022
JMI mengingatkan potensi keterkaitan masyarakat dengan terorisme

Sangat bisa ditangkap, karena dia bagian dari jaringan itu.

Jakarta (ANTARA) – Direktur Eksekutif Jaringan Moderat Indonesia (JMI) Islah Bahrawi mengingatkan potensi keterkaitan masyarakat dengan jaringan terorisme.

“Jika ada orang yang ikut mengumpulkan dana yang kemudian digunakan untuk kegiatan terorisme, maka yang bersangkutan juga dapat ditangkap,” kata Islah dalam diskusi daring yang digelar Jakarta Journalist Center (JCC) dengan tema ‘Menyoal Donatur Terorisme’, di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan hal itu berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

“Sangat bisa ditangkap, karena dia bagian dari jaringan itu,” ujarnya pula.

Meskipun, kata Islah, orang tersebut tidak mengetahui uang itu akan dijadikan dana untuk melakukan aksi teror.

“Berdasarkan UU Nomor 9 Tahun 2013, orang yang ikut serta mencari dana juga bisa ditangkap, meskipun dia tidak tahu penggunaan dana itu mengalir ke mana. Dia juga menjadi bagian dari ikut serta,” katanya lagi.

Bahkan, kata dia, orang yang membantu teroris dalam pelarian juga dapat dijerat dengan pidana. Namun hal ini jarang dilakukan Densus 88 Antiteror Polri akhir-akhir ini.

“Misal ada DPO pelarian yang sudah dikejar, ternyata suatu waktu ia kabur ke satu kota dan meminta bantuan temannya untuk mencari rumah kontrakan. Temannya ini nggak tahu temannya ini DPO lalu dicarikan rumah kontrakan, lalu ditangkap. Nah temannya ini seharusnya dapat ditangkap juga,” ujarnya lagi.

Densus 88 Antiteror Polri menangkap seorang mahasiswa tersangka teroris di Kota Malang, Jawa Timur inisial IA (22). Ia diduga membantu Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) ikut mengumpulkan dana untuk di Indonesia.

Kabagbanops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar mengimbau masyarakat untuk selektif memberi sumbangan, sehingga dana sumbangan yang diberikan masyarakat tak salah sasaran.

“Kami mengharapkan masyarakat dapat lebih waspada dalam menyalurkan sumbangan-sumbangan ke organisasi atau kelompok yang tidak dikenal,” kata Aswin pula.

Baca juga: Universitas Brawijaya telusuri aktivitas mahasiswa diamankan Densus 88

Baca juga: UB perkuat pengawasan kegiatan mahasiswa antisipasi radikalisme


Pewarta: Fauzi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | JMI mengingatkan potensi keterkaitan masyarakat dengan terorisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *