• March 29, 2024 2:08 pm

BNPT Minta Kampus Bantu Cegah Radikalisme

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal (Komjen) Boy Rafly Amar menjelaskan pengaruh masif dari radikalisme teroris bisa disadari oleh dunia kampus. Oleh karenanya, dibutuhkan peran kampus mencegah radikalisme.

“Perang melawan paham radikal terorisme membutuhkan dukungan dari semua pihak terutama kampus, karena apapun kekerasan dalam kata dan tindakan bertentangan dengan ideologi dan nilai luhur bangsa,” kata Boy dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan Kuliah Umum bertajuk ‘Mencegah Intoleransi, Terorisme dan Radikalisme Masa Kini dan Yang Akan Datang, hari ini.

Boy menjelaskan bahwa kampus menjadi bagian terdepan dalam membangun semangat perlawanan terhadap ideologi yang tidak sejalan dengan ideologi bangsa. Sedangkan BNPT, berperan mengingatkan semua pihak untuk membangun kesepahaman dan kebersamaan melawan ideologi terorisme

“Karena itu biasanya jika ada kampus yang teridentifikasi bisa diantisipasi atas dasar kerjasama dengan kalangan civitas akademika,”terangnya.

Baca juga: Mahasiswa Terduga Teroris di Malang Kerap Sebarkan Konten ISIS

Sebelumnya, Direktur BNPT Brigjen R Ahmad Nurwakhid mengatakan pelibatan generasi muda sangat penting untuk menangkal penyebaran radikalisme. Khususnya di kalangan mereka sendiri.

“Pelibatan pemuda sangat penting dan sangat vital. Karena berdasarkan hasil survei tahun 2020, sebanyak 12,2 persen masyarakat Indonesia yang masuk dalam kategori indeks potensi radikalisme didominasi para generasi muda,” kata Nurwakhid dilansir Antara, Kamis, 14 April 2022.

Nurwakhid menguraikan dari 12,2 persen itu, 85 persen adalah generasi muda yaitu generasi milenial antara umur 20 sampai 39 tahun. Kemudian, Generasi Z yaitu umur 14 sampai 19 tahun.(OL-4)


Sumber: Media Indonesia | BNPT Minta Kampus Bantu Cegah Radikalisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *