• March 28, 2024 6:00 pm

PM Australia yang Kalah Pemilu Disebut sebagai Teman Baik Israel

PERDANA Menteri Australia Scott Morrison mengakui kekalahan dalam pemilihan nasional, Sabtu (21/5), setelah malam yang sulit bagi pemerintah konservatifnya. Media Israel, The Times of Israel, menulis bahwa Scott Morrison, yang mengakui Jerusalem barat sebagai ibu kota Israel, mengucapkan selamat kepada pemimpin oposisi Anthony Albanese, yang Partai Buruhnya mendukung pengakuan Palestina sebagai negara.

Morrison, pemimpin Partai Liberal, dianggap sebagai teman baik Israel. Ini karena ia menjadi salah satu dari segelintir pemerintahan yang mengikuti jejak mantan presiden AS Donald Trump di Jerusalem dalam mengakui sisi barat kota itu sebagai ibu kota Israel.

Selama masa jabatannya juga, pemerintah Australia mendaftarkan semua faksi Hizbullah di Libanon yang didukung Iran dan Hamas yang berbasis di Jalur Gaza sebagai kelompok teror. Pada saat itu, Menteri Luar Negeri Yair Lapid mengatakan, “Australia ialah teman dekat Israel dalam perang melawan terorisme global.”

Albanese di masa lalu menggambarkan dirinya sebagai, “Pendukung keadilan yang kuat untuk Palestina,” dan mengatakan dia, “Sangat kritis terhadap banyak kebijakan Israel.”

Berbicara kepada The Australian Jewish News awal bulan ini, Albanese mengatakan partainya terus mendukung solusi dua negara berdasarkan hak Israel untuk hidup damai di dalam perbatasan yang aman dan mencerminkan aspirasi Palestina untuk menjadi negara bagian.

Baca juga: Kekalahan Scott Morrison Kabar Baik Buat Indonesia

“Platform nasional Buruh memperjelas keinginan konferensi untuk mengakui Palestina sebagai negara. Ini pada akhirnya akan menjadi substansi bagi pemerintahan Buruh di masa depan,” kata Albanese kepada AJN.

“Pemerintah Partai Buruh selalu memahami bahwa setiap resolusi yang adil dan langgeng untuk konflik Timur Tengah tidak dapat mengorbankan Palestina atau Israel. Satu-satunya cara agar solusi dua negara dapat dicapai yakni melalui hasil negosiasi antara kedua pihak,” tambahnya. (OL-14)


Sumber: Media Indonesia | PM Australia yang Kalah Pemilu Disebut sebagai Teman Baik Israel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *