• March 28, 2024 4:07 pm

Anggota DPR: Harkitnas momentum bangkitkan ekonomi rakyat

ByRedaksi PAKAR

May 20, 2022
Anggota DPR: Harkitnas momentum bangkitkan ekonomi rakyat
Jakarta (ANTARA) – Anggota DPR Jazuli Juwaini mengatakan Hari Kebangkitan Nasional harus menjadi momentum kebangkitan ekonomi rakyat, terutama setelah dua tahun lebih bangsa Indonesia menghadapi pandemi COVID-19.

“Hari ini kita masih tetap menjaga kewaspadaan COVID-19, tapi kita bersyukur pandemi semakin terkendali, masyarakat sudah lebih leluasa beraktivitas kembali. Momentum Hari Kebangkitan Nasional tahun ini harus menjadi momentum kebangkitan ekonomi rakyat,” kata Jazuli Juwaini di Jakarta, Jumat.

Dia menyarankan Pemerintah terus melakukan konsolidasi terkait kebijakan sektor ekonomi rakyat yang terpukul karena COVID-19, terutama rakyat kecil, buruh, dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kelompok masyarakat tersebut harus menjadi prioritas kebijakan pemulihan ekonomi nasional, tambahnya.

“Pesan kebangkitan nasional harus dimaknai bangkitkan ekonomi rakyat yang terpukul karena pandemi. Kebijakan Pemerintah harus fokus ke sana dan Fraksi PKS siap mengawal dan berkolaborasi untuk kebangkitan ekonomi rakyat pasca pandemi,” kata Ketua Fraksi PKS itu.

Baca juga: Romo Benny: Harkitnas momentum bangun gerakan lawan radikalisme

Hal itu sejalan dengan pesan kunci perjuangan PKS yaitu transformasi dan kolaborasi, transformasi seluruh kebijakan negara untuk kepentingan rakyat dan kemajuan bangsa yang membutuhkan kolaborasi seluruh elemen bangsa.

Dia mengatakan pandemi mengajarkan bangsa Indonesia untuk menjaga dan membentuk kolaborasi guna menghadirkan solidaritas sosial nasional.

“Saat ini kita terus jaga kolaborasi untuk kepentingan fundamental bangsa, yaitu bangkitnya ekonomi rakyat,” tambahnya.

Oleh karena itu, dia meminta semua pihak mengakhiri pemikiran, sikap, dan tindakan yang kontraproduktif dengan semangat kebangkitan nasional. Semua pihak harus fokus membangkitkan ekonomi rakyat, martabat, kedaulatan bangsa, serta kemandirian nasional, sehingga Indonesia semakin kuat, maju, dan sejahtera.

“Hentikan sikap agresif, hoaks, ujaran kebencian, rasial, adu domba, buzzer yang memecah belah persatuan dan harmoni. Mari saling menguatkan, saling memotivasi, saling mendukung, bersinergi, dan berkolaborasi di antara sesama anak bangsa,” ujarnya.

Baca juga: Ganjar: Harkitnas jadi momentum kemandirian pascakrisis kesehatan

Baca juga: Bupati: Harkitnas momentum bangkit bersama tanggulangi dampak pandemi

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Anggota DPR: Harkitnas momentum bangkitkan ekonomi rakyat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *