• April 20, 2024 9:28 pm

Korem 091/ASN kawal penyaluran bantuan pedagang kaki lima

ByRedaksi PAKAR

May 18, 2022
Korem 091/ASN kawal penyaluran bantuan pedagang kaki lima
Samarinda (ANTARA) – Komando Resor Militer 091/Aji Surya Natakesuma di Kalimantan Timur, mendapat tugas tambahan mengawal penyaluran Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) pada sejumlah kawasan di provinsi itu.

“Kemarin, saya bersama Kepala Seksi Teritorial Kepala Staf Korem 091/ASN, Kolonel Infantri Soemarman, mengikuti rapat secara daring dengan Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa, membahas tentang penyaluran BTPKLW,” ujar Komandan Korem 091/ASN, Brigadir Jenderal TNI Dendi Suryadi, di Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu.

Baca juga: Korem 033/Wira Pratama bangun tiga kodim baru di Kepri

Jadi, katanya, ini merupakan amanah yang diberikan langsung Perkasa kepada jajaran TNI di daerah-daerah, guna membantu pemerintah dalam menyalurkan bantuan agar tepat sasaran.

Dalam penyaluran BTPKLW, Korem 091/ASN akan berupaya semaksimal mungkin agar bantuan itu sesuai peruntukannya, harapannya adalah agar masyarakat benar-benar terbantu dalam upaya memulihkan perekonomian.

Penyaluran bantuan itu sekaligus juga akan dipadukan dengan kegiatan vaksinasi dosis 1, dosis 2, dan dosis 3 alias penguat, bahkan akan dilakukan pula penyerahan sejumlah bahan kebutuhan pokok bagi masyarakat yang kurang mampu.

Baca juga: Komandan Korem 121/Abw ajak generasi muda tangkal radikalisme

Sementara itu, dalam amanat yang ia peroleh dari Perkasa saat pertemuan secara daring kemarin, penyaluran bantuan itu merupakan tugas yang diberikan presiden.

Dalam tugas ini, masing-masing Komando Distrik Militer akan mendapatkan bantuan pengadaan alat tulis kantor sebesar Rp6 juta, sebagai administrasi dalam penyaluran dana BTPKLW. Bagi Kodim yang baru pertama kali menyalurkan bantuan tunai agar melaksanakan tugas semaksimal mungkin, sehingga bantuan itu dapat dirasakan masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: Danrem Antasari cek kesiapan prajurit kawal IKN

Ia melanjutkan, dalam waktu dekat akan dilakukan transfer dana dari Pusat Keuangan TNI kepada 128 Kodim se-Indonesia untuk mendukung penyalur bantuan tunai itu, namun bagi 97 Kodim yang sudah mendistribusikan bantuan tunai, tidak akan mendapatkan transfer.

Dalam amanat Perkasa juga disampaikan, jika ada masyarakat yang berhak namun belum mendapatkan bantuan, maka dari Kodim harus mendatangi mereka agar bantuan tunai itu dapat diterima langsung.

Baca juga: Yayasan Puri Kauhan Ubud bersihkan sampah area Danau Batur jelang G20

BTPKLW, lanjutnya, merupakan program pemerintah guna membangkitkan kembali ekonomi masyarakat di tingkat bawah, karena selama ini terpuruk akibat pandemi Covid-19 . “Keterlibatan TNI dan Polri dalam kegiatan BTPKLW ini adalah dengan melaksanakan pendataan dan penyaluran BTPKLW melalui aplikasi, sementara untuk operasi di lapangan akan dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” ujar Suryadi. 

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Korem 091/ASN kawal penyaluran bantuan pedagang kaki lima

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *