• June 26, 2022 11:52 pm

Pengamat terorisme sebut ISIS masih ancaman nyata di Indonesia

ByRedaksi PAKAR

May 17, 2022
Pengamat terorisme sebut ISIS masih ancaman nyata di Indonesia
Palu (ANTARA) –

Pengamat terorisme dari Universitas Islam Negeri Datokarama di Palu, Lukman Thahir, menyebut paham ISIS masih menjadi suatu ancaman yang nyata Indonesia.


“Sel-sel paham ISIS ini meskipun sudah kehilangan induknya tapi masih masif melakukan gerakan, dan justru inilah yang semakin berbahaya karena dampaknya bisa lebih buruk” kata dia, di Palu, Selasa, menanggapi penangkapan 22 orang di Poso yang diduga simpatisan ISIS.

 


Terlebih, keberadaan kelompok tersebut lebih dari satu, serta tidak lagi bergerak satu arah, melainkan akan secara membabi-buta sehingga memungkinkan akan menyasar pada area-area publik.


“Secara harfiah memang ISIS tidak ada tapi sel-selnya masih sangat banyak, tambah lagi paham ISIS itu lebih condong memanfaatkan seluruh instrumen dalam aksinya termasuk melibatkan perempuan. Berbeda jauh dengan gerakan Al Qaeda,” ujar dia.

 

“Jangan sampai di tengah masyarakat berkembang isu-isu yang lain. Saya kira aparat keamanan sudah punya data yang tepat dan terukur untuk mengamankan puluhan orang itu,” tutur Lukman yang juga bekas petinggi PB Alkhairaat.

 

Ia prihatin atas peristiwa itu, karena situasi keamanan Poso saat ini sudah kondusif, namun ada oknum tertentu mencoba membuat gerakan yang tidak sepaham dengan negara. “Kami berharap pascapenangkapan puluhan orang diduga simpatisan ISIS ini tidak mempengaruhi situasi keamanan di Poso,” kata dia.

Pewarta: Mohamad Ridwan/Muhammad Izfaldi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Pengamat terorisme sebut ISIS masih ancaman nyata di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.