• May 8, 2024 10:09 pm

Ditjen Imigrasi: Hak Singapura Tolak Masuk Ustaz Abdul Somad

Jakarta, CNN Indonesia

Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengungkapkan Ustaz Abdul Somad (UAS) dan rombongan tidak mempunyai masalah dokumen keimigrasian termasuk paspor ketika hendak berkunjung ke Singapura.

Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Achmad Noer Saleh berujar pencegahan terhadap UAS masuk ke Singapura merupakan kewenangan penuh Otoritas Imigrasi dan Pemeriksaan Singapura (ICA).

“Tidak ada masalah dalam paspor mereka bertujuh, dari Imigrasi Indonesia sudah sesuai ketentuan. Alasan kenapa otoritas imigrasi Singapura menolak mereka itu sepenuhnya kewenangan dari Singapura yang tidak bisa kita intervensi,” ujar Ahmad dalam keterangan tertulis, Selasa (17/5).

“Penolakan masuk kepada Warga Negara Asing oleh otoritas imigrasi suatu negara merupakan hal yang lazim dilakukan dalam menjaga kedaulatan negara tersebut,” sambungnya.

Ahmad menuturkan UAS bersama enam orang lain termasuk pihak keluarganya berangkat dengan menggunakan kapal MV. Brilliance of Majestic pada pukul 12.50 WIB menuju Singapura dari TPI Batam Center.

Setiba di Singapura, Otoritas Imigrasi dan Pemeriksaan Singapura menolak masuk (denied entry) tujuh orang tersebut dengan alasan tidak memenuhi syarat untuk berkunjung ke Singapura.

“Tujuh orang tersebut langsung kembali ke Indonesia pada kesempatan pertama dan tiba kembali di TPI Batam Center pada pukul 18.10,” ujarnya.

Ketujuh orang dimaksud ialah UAS, SN, Hn, FA, AMA, SQA, dan SAM.

Sebelumnya, pendakwah kondang UAS mengaku ditahan dan dideportasi oleh Imigrasi Singapura dengan alasan yang tidak jelas. Peristiwa itu terjadi pada Senin (16/5). UAS pergi bersama keluarganya untuk berlibur.

UAS pun meminta Duta Besar Singapura di Indonesia untuk menjelaskan alasan dirinya bersama keluarga dilarang masuk ke negara tersebut. Ia menyebut petugas Imigrasi Singapura tak mampu menjelaskan alasan dirinya dideportasi.

“Itu lah yang mereka tidak bisa jelaskan. Pegawai Imigrasi tak bisa jelaskan, jadi yang bisa jelaskan mungkin Ambassador of Singapura in Jakarta. You have to explain to our community. Why did your country, your government reject us? Why did your government deport us? Kenapa? Apakah karena teroris. Apakah karena ISIS? Apakah karena bawa narkoba? Itu harus dijelaskan,” kata UAS dalam video di kanal YouTube Hai Guys Official, Selasa (17/5).

Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Suryopratomo menyangkal bahwa UAS dideportasi imigrasi Singapura.

Menurutnya, pihak imigrasi Singapura bukan mendeportasi, melainkan menolak kedatangan penceramah tersebut di negaranya.

“Saya sudah minta penjelasan dari ICA. Menurut mereka, ICA memang menetapkan not to land [tak boleh mendarat atau masuk] kepada UAS karena tidak memenuhi kriteria untuk eligible (memenuhi syarat) berkunjung ke Singapura,” ungkap Suryopratomo kepada CNNIndonesia.com pada Selasa (17/5).

(ryn/fra)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Ditjen Imigrasi: Hak Singapura Tolak Masuk Ustaz Abdul Somad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *