• April 18, 2024 9:04 am

Bamusi siap kawal Surabaya sebagai kota toleran

ByRedaksi PAKAR

May 1, 2022
Bamusi siap kawal Surabaya sebagai kota toleran

Jadi apa yang diinginkan Bapak Wali kota Surabaya, Bamusi siap mendukung Pemkot dalam mewujudkan itu

Surabaya (ANTARA) – Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Kota Surabaya, Jawa Timur, siap mengawal keinginan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mewujudkan Surabaya sebagai kota toleran.

“Jadi apa yang diinginkan Bapak Wali kota Surabaya, Bamusi siap mendukung Pemkot dalam mewujudkan itu,” ujar Sekretaris Pengurus Cabang (PC) Bamusi Surabaya Achmad Rosyidi di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, Kota Pahlawan yang terkenal dengan kota yang tentram dan damai, telah menggugah pengurus Bamusi Surabaya memberikan pembekalan terkait materi toleransi beragama dan radikalisme.

Baca juga: Pemkot Surabaya larang warganya menyalakan petasan saat malam takbiran

Untuk mewujudkan hal itu, Rosyidi mengatakan, PC Bamusi Surabaya yang merupakan sayap Partai PDI Perjuangan akan membentuk Pengurus Anak Cabang (PAC) Bamusi di tiap kecamatan di Surabaya.

“Harapannya, kami bersama-sama dapat mewujudkan Surabaya sebagai kota toleran,” ujar dia.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya menyebut umat beragama di Kota Pahlawan menjunjung tinggi toleransi meski berbeda keyakinan.

Baca juga: Taman Hiburan Pantai Kenjeran Surabaya buka selama libur Lebaran

Oleh karena itu, Eri menginginkan pada Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) Ke-729 mendatang akan membentuk wadah atau rumah lintas agama yang berisikan anak-anak muda dari berbagai lintas beragama yakni, ada pemuda masjid, pemuda gereja, pemuda vihara dan sebagainya.

Menurut Eri, ketika para pemuda ini mendapat arahan dari penasihat lintas agama, maka mereka akan terjun untuk berbagi tentang ilmu agama dan sosial di kecamatan, kelurahan, sampai ke RT/RW,” kata dia.

Dengan adanya tempat untuk berkumpulnya para pemuda lintas agama, Wali Kota Eri meyakini bahwa Kota Surabaya mampu mewujudkan kota yang memiliki rasa toleransi untuk umat beragama.

“Saya ingin menunjukkan Kota Surabaya adalah kota toleran. Saya mohon doanya agar bisa berkolaborasi dalam mewujudkan Rumah Lintas Agama,” ujar dia. 

Baca juga: Dinkes Surabaya antisipasi lonjakan COVID-19 pascalibur Lebaran

Baca juga: Bamusi PDIP gelar mengaji dan buka puasa bersama Cak Nun

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Bamusi siap kawal Surabaya sebagai kota toleran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *