• May 19, 2022 3:05 pm

BNPT Terjun Kawal Formula E di Jakarta, Jaga Ancaman Terorisme

ByRedaksi PAKAR

Apr 27, 2022 ,
BNPT mengklaim bakal mengamankan ajang balapan Formula E di Jakarta pada 4 Juni 2022 mendatang dari ancaman terorisme.
Jakarta, CNN Indonesia

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengantisipasi pengamanan ajang balapan Formula E yang akan digelar di Jakarta pada 4 Juni 2022 mendatang dari ancaman terorisme.

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengatakan bahwa pihak BNPT turun dilibatkan dalam proses analisa data dan kelayakan keamanan sirkuit Formal E. Hal itu, kata dia, dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan terutama yang berkaitan dengan tindak pidana terorisme.

“Kami memberikan analisa kelayakan dalam upaya menjadikan perhelatan balap Formula E bebas dari ancaman, bebas dari gangguan, bebas dari segala potensi yang dapat menghambat jalannya lomba Formula E ini,” kata Boy dalam keterangan tertulis, Rabu (27/4).

Boy pun telah turun langsung mengunjungi Sirkuit Formula E yang terletak di kawasan Ancol, Jakarta Utara pada Selasa (26/4). Ia menyebutkan bahwa telah memberikan sejumlah masukan pengamanan wilayah tersebut selama ajang balap Formula E berlangsung.

Ia menyebutkan bahwa dalam bertugas nanti pihaknya bakal bekerja sama dengan institusi TNI dan Polri. Sejauh ini, perwira tinggi Polri itu sudah dapat memastikan kelayakan pengamanan sirkuit Formula E dari ancaman terorisme.

“Insya Allah sesuai jadwal dapat dilaksanakan pada 4 Juni. Kalau kita lihat proses penyelesaian sarana prasarana masih berlangsung sehingga nanti setelah rampung, kami kembali melihat kelayakan sarana prasarana langkah-langkah pengamanan apa yang harus dilakukan,” ucap dia

Sebagai informasi, pengerjaan Sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, telah dimulai sejak 3 Februari lalu. Sirkuit memiliki panjang 2.400 meter dengan jumlah tikungan sebanyak 18 dan panjang trek lurus sekitar 527 meter.

Proyek menggunakan sumber dana dari PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Ketua Panitia Organizing Committee (OC) Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni, sebelumnya mengatakan tiket Formula E Jakarta akan dijual dengan harga Rp350 ribu hingga jutaan rupiah.

Presiden Joko Widodo pun telah meninjau lokasi pelaksanaan ajang balapan ini pada Senin (25/4). Ia optimistis sirkuit Formula E bisa rampung tepat waktu. Dia menyebut masih ada waktu untuk menuntaskan persiapan.

“Kita harapkan nanti di awal Juni kita bisa lihat balapannya,” kata Jokowi saat ditemui usai peninjauan, Senin (25/4).

(mjo/DAL)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | BNPT Terjun Kawal Formula E di Jakarta, Jaga Ancaman Terorisme

Leave a Reply

Your email address will not be published.