• April 19, 2024 10:53 am

PPATK katakan terus pantau transaksi platform investasi ilegal

ByRedaksi PAKAR

Apr 23, 2022
PPATK katakan terus pantau transaksi platform investasi ilegal

PPATK sudah melihat beberapa kegiatan ini dari lama, hanya memang kegiatan ini tidak bisa serta merta dilakukan pembekuan

Jakarta (ANTARA) – Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana mengatakan terus memantau transaksi platform investasi ilegal yang berpotensi merugikan masyarakat.
 

Namun ia mengatakan tidak serta merta bisa melakukan pembekuan transaksi investasi ilegal itu dan menuduhnya penipuan, sehingga terkadang pemblokiran baru dilakukan setelah jatuh korban.

 
“PPATK sudah melihat beberapa kegiatan ini dari lama, hanya memang kegiatan ini tidak bisa serta merta dilakukan pembekuan,” katanya dalam Webinar Forum Milenial Madjoe yang dipantau di Jakarta, Sabtu.

 

Menurut dia, beberapa platform investasi ilegal yang sudah diblokir hanya puncak gunung es dari banyaknya platform investasi ilegal yang masih digunakan masyarakat.

 

“PPATK melihat selalu ada yang lebih besar di balik ini semua. Dan PPATK masih terus bekerja dan berkoordinasi terus dengan teman-teman penegak hukum dalam hal ini Polri,” katanya.

 

Masyarakat diminta berinvestasi secara logis atau tidak tergoda penawaran keuntungan yang tidak masuk akal di platform legal atau terdaftar di OJK atau Bappebti.

 

Apabila masyarakat menginvestasikan uangnya ke platform ilegal, masyarakat memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami kerugian.

 

Jika masyarakat berinvestasi di platform tersebut dengan maksud melakukan tindak pidana pencucian uang, masyarakat juga berpotensi ditindak oleh Aparat Penegak Hukum (APH).

 

“Yang benar itu uang masyarakat yang didapat dengan cara legal diinvestasikan ke platform investasi legal. Sehingga masyarakat hanya akan menghadapi market risk seperti volatilitas harga komoditas saham,” katanya.

Baca juga: PPATK sebut telah blokir ribuan transaksi investasi ilegal

Baca juga: PPATK telusuri aliran uang Rp588 miliar terkait investasi ilegal

Baca juga: Jawab kejahatan ekonomi, Presiden minta PPATK terus lakukan terobosan

Baca juga: Presiden minta PPATK antisipasi modus baru TPPU-pendanaan terorisme

 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | PPATK katakan terus pantau transaksi platform investasi ilegal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *