• May 26, 2022 5:28 pm

BNPT Duga Kuat Pengeroyok Ade Armando Terpapar Virus Takfiri

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut pengikut organisasi Negara Islam Indonesia (NII) berada di berbagai wilayah, termasuk Garut dan Lampung.
Jakarta, CNN Indonesia

Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Ahmad Nurwakhid menduga para pelaku pengeroyok Ade Armando di tengah aksi unjuk rasa telah terpapar virus takfiri.

Sebagai informasi, takfiri merupakan paham yang mudah mengkafirkan orang atau pihak yang berbeda dan menghalalkan darah dianggap kafir.

“Menduga kuat para pelaku kekerasan terhadap Ade Armando tersebut terpapar virus takfiri yang mudah mengkafirkan yang berbeda dan menghalalkan darah yang dianggap kafir,” kata Ahmad dalam keterangan resminya, Selasa (12/4).

Pernyataan Ahmad itu untuk merespons video viral di media sosial menampilkan sejumlah pelaku turut mengucapkan kalimat tauhid ketika melakukan kekerasan terhadap Ade. Bahkan Sebagian yang lain sambal bersorak ‘halal darah’ Ade Armando.

Ahmad menilai pandangan takfiri merupakan salah satu karakteristik kelompok radikal terorisme selama ini. Para pelaku teror, kata dia, mudah melegitimasi segala tindakan kekerasan yang dilakukan dengan mempolitisasi dan memanipulasi dalil agama.

Ia juga menilai kekerasan dan anarkisme di ruang publik bukan cara masyarakat yang beradab. Namun ciri kelompok ekstremisme yang pro kekerasan.

“Nampaknya pola ini sudah mempengaruhi masyarakat yang dengan mudah membawa dalil-dalil agama untuk membanggakan tindakan anarkisme ruang publik”, kata dia.

Ahmad mengaku menyesali penganiayaan para pelaku terhadap Ade di tengah aksi massa dan nuansa ibadah bulan Ramadan. Seharusnya umat Islam bisa menahan tidak hanya makan dan minum, tetapi mencegah kekerasan.

Kekerasan atas nama apapun, kata Ahmad, termasuk dengan membajak dan memanipulasi ajaran agama merupakan kejahatan yang harus dikecam dan dikutuk.

“Ini menjadi pelajaran bagi kita bersama, terkadang seseorang mudah mendalihkan kekerasan dan halal darah seseorang untuk kepentingan tertentu” kata dia.

Sebagai informasi, Ade Armando babak belur dipukul massa di kawasan DPR di tengah aksi unjuk rasa tolak penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden di depan kompleks parlemen, Jakarta, Senin (11/4).

(rzr/kid)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | BNPT Duga Kuat Pengeroyok Ade Armando Terpapar Virus Takfiri

Leave a Reply

Your email address will not be published.