• November 29, 2022 1:47 pm

Ketua Pansel Sayangkan Pelamar Komnas HAM Minim Aktivis

Ketua Pansel Anggota Komnas HAM periode 2022-2027, Makarim Wibisono menyayangkan para pelamar Komnas HAM yang minim dari kalangan aktivis.
Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Anggota Komnas HAM periode 2022-2027, Makarim Wibisono menyayangkan para pelamar Komnas HAM yang minim dari kalangan aktivis. Hal itu disebut berbeda dengan para pelamar pada 10-15 tahun silam.

Diketahui saat ini lembaga penegak HAM itu tengah membuka pendaftaran untuk calon anggota Komnas HAM periode 2022-2027. Pendaftaran itu dibuka hingga April 2022 ini.

“Saya sekarang ini menjadi ketuanya bahkan, kok melihat jumlahnya pelamar yang aktivis-aktivis menjadi minoritas gitu, jauh berbeda dibandingkan 15 tahun yang lalu atau 10 tahun yang lalu. Saya ingin ngomong sama aktivis-aktivis ini, saya mau nanya bagaimana kok ini menjadi masalah,” kata Makarim dalam diskusi yang disiarkan secara daring, Senin (4/4).

Ia pun membandingkannya dengan lembaga-lembaga yang ada di negara lain. Menurutnya, komisi-komisi nasional di sejumlah negara didominasi oleh para aktivis, bukan bekas pejabat maupun bekas penegak hukum.

Oleh karena itu, dia berharap para calon pelamar Komnas HAM di Indonesia era kini dapat didominasi pula oleh para aktivis. Sebab, masalah-masalah yang tengah dihadapi lembaga itu disebut sudah sangat berat.

“Jadi saya berharap kalau ke depan sekarang ini kita bisa mendapatkan calon-calon dari aktivis-aktivis itu. Itu menaruh harapan buat saya karena masalah pekerjaan yang dihadapi oleh Komnas HAM ini juga sangat berat,” ujar dia.

Lebih jauh, Makarim juga mengatakan tantangan Komnas HAM ke depan akan semakin tinggi di tengah penyempitan ruang demokrasi saat ini.

Ia pun kembali berharap Komnas HAM dapat memiliki anggota yang berkomitmen dalam menyelesaikan segala persoalan maupun prinsip-prinsip hak asasi manusia.

“Tidak hanya prinsip-prinsip mengenai kemajuan pengertian terhadap hak asasi manusia tapi juga prinsip-prinsip bagaimana untuk melindungi persoalan-persoalan korban dari akibat pelanggaran HAM itu, jadi kita tidak hanya berbicara tapi juga melakukan langkah-langkah untuk melindunginya,” pungkasnya.

(blq/agt)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Ketua Pansel Sayangkan Pelamar Komnas HAM Minim Aktivis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *