• May 26, 2022 5:33 pm

Habib Kribo Bela Ferdinand Soal ‘Allahmu Lemah’: Itu Bahasa Satire

Pegiat media sosial, Zein Assegaf alias Habib Kribo menilai pernyataan Ferdinand Hutahaean tidak termasuk penodaan agama.
Jakarta, CNN Indonesia

Pegiat media sosial, Zein Assegaf alias Habib Kribo menjadi saksi meringankan dalam sidang kasus cuitan ‘Allahmu Lemah’ dengan terdakwa Ferdinand Hutahean.

Dalam kesaksiannya, Zein mengatakan bahwa cuitan Ferdinand itu tidak termasuk penodaan agama.

“Saya pikir normal saja. Status yang dibuat oleh Pak Ferdinand itu sering saya gunakan perkataan itu, di situ kan tidak menyebut agama apapun bahwa tanpa nama, agama,” kata Zein di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (29/3).

Menurut Zein, cuitan Ferdinand itu semacam satire untuk melawan kelompok-kelompok radikal. Lagipula, menurut Zein, kata-kata tersebut kerap digunakan oleh Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

“Itu bentu bahasa satire atau otokritik untuk menyikapi kelompok-kelompok radikalisme yang sering mereka gunakan bahasa kekerasan atas nama tuhan. Kata-kata itu sering digunakan Gus Dur, jadi tidak ada maksud untuk menghina agama tertentu, tapi bentuk peringatan atau kritik,” jelas Zein.

Sebelumnya, jaksa mendakwa Ferdinand melakukan tindak pidana ujaran kebencian hingga penodaan agama lewat akun twitter @FerdinandHaean3 pada 4 Januari 2022.

Kicauan yang dimaksud berbunyi: “Kasihan sekali Allahmu ternyata lemah harus dibela. Kalau aku sih Allahku luar biasa, maha segalanya, DIA lah pembelaku selalu dan Allahku tak perlu di bela.”

Cuitan tersebut lantas menjadi perbincangan publik di jagat maya. Setelah viral, Ferdinand menghapusnya.

Atas perbuatannya, mantan Kader Partai Demokrat ini didakwa dengan Pasal 14 ayat (1) dan (2) Undang-undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana atau Pasal 45A ayat (2) jo Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) atau Pasal 156 atau Pasal 156a huruf a KUHP.

(dmi/bmw)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Habib Kribo Bela Ferdinand Soal ‘Allahmu Lemah’: Itu Bahasa Satire

Leave a Reply

Your email address will not be published.