• May 18, 2022 3:00 am

Utusan AS untuk Iran tak yakin kesepakatan nuklir segera terlaksana

ByRedaksi PAKAR

Mar 27, 2022
Utusan AS untuk Iran tak yakin kesepakatan nuklir segera terlaksana
Doha (ANTARA) – Utusan Khusus AS untuk Iran Robert Malley mengatakan pada Minggu dia tidak yakin bahwa kesepakatan nuklir antara negara-negara Barat dan Iran segera terlaksana.

“Semakin cepat kami kembali ke kesepakatan itu, yang merupakan kepentingan kami, dan mungkin kepentingan Iran, semakin sungguh-sungguh untuk menerapkannya, dan semakin cepat kami dapat bertindak berdasarkan kesepakatan itu untuk mengatasi masalah lain antara kami dan Iran serta antara Iran dan negara-negara kawasan itu,” kata Malley ketika berbicara pada konferensi internasional Forum Doha.

Sebelumnya, seorang penasihat senior pemimpin tertinggi Iran mengatakan pada Minggu bahwa kesepakatan nuklir antara Teheran dan kekuatan dunia sudah dekat tapi hanya bisa terjadi jika Amerika Serikat menunjukkan kemauan politik.

“Ya, kesepakatan itu sudah dekat. Itu tergantung pada pandangan politik Amerika Serikat,” kata Kamal Kharrazi pada konferensi internasional Forum Doha.

Kharrazi mengatakan pentinglah bagi Washington untuk menghapus sebutan organisasi teroris asing (FTO) terhadap elite Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC).

“IRGC adalah tentara nasional dan memasukkan tentara nasional dalam daftar kelompok teroris tentu tidak dapat diterima,” katanya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pembicaraan nuklir kian sulit sebab Barat ‘pura-pura’ berinisiatif

Baca juga: Blinken: Sanksi untuk Rusia tidak terkait pembicaraan nuklir Iran

 

Iran buka pabrik produksi rudal pertahanan udara dan propelan padat hibrida



Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Utusan AS untuk Iran tak yakin kesepakatan nuklir segera terlaksana

Leave a Reply

Your email address will not be published.