• March 29, 2024 2:15 am

Formula 1 Jeddah tetap berlangsung menyusul serangan kelompok Houthi

ByRedaksi PAKAR

Mar 26, 2022
Formula 1 Jeddah tetap berlangsung menyusul serangan kelompok Houthi
Jakarta (ANTARA) – Formula 1 memutuskan tetap menggelar Grand Prix Arab Saudi setelah mendapat jaminan keamanan dari otoritas setempat menyusul serangan terhadap fasilitas Aramco, tak jauh dari sirkuit di Jeddah, Jumat waktu setempat.

Kelompok Houthi dari Yaman menyatakan mereka meluncurkan serangan ke fasilitas energi Arab Saudi, mengenai stasiun distribusi produk minyak perusahaan milik negara Aramco. Dua tangki minyak terbakar namun dilaporkan tidak ada korban jiwa.

“Kami telah menerima jaminan total bahwa keamanan negara menjadi yang utama,” kata CEO Formula 1 Stefano Domenicali setelah bertemu dengan para pebalap, tim dan perwakilan pemerintah setempat, seperti dikutip Reuters.

“Mereka telah memasang semua sistem untuk melindungi wilayah ini, kota, tempat di mana kita akan balapan. Jadi kami merasa yakin dan kami harus percaya dengan otoritas setempat dalam hal itu.”

Baca juga: Magnussen mimpikan podium menyusul kebangkitan tim Haas

Baca juga: Kejutan awal musim, Sainz ingatkan fan Ferrari tetap realistis

Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem berbicara di samping Domenicali, mengatakan serangan tersebut menargetkan infrastruktur ekonomi dan bukannya warga.

“Kami mendapat jaminan tertinggi bahwa ini adalah tempat yang aman, semua hal ini akan aman dan mari kita balapan,” kata Ben Sulayem.

Tanda-tanda pertama serangan terlihat ketika asap hitam mengepul di Jeddah di sebelah timur sirkuit ketika para pebalap menjalani sesi latihan pertama yang berjalan lancar pada Jumat.

Sesi kualifikasi Formula 2 juga berjalan sesuai jadwal. Akan tetap start dari sesi latihan kedua F1 tertunda 15 menit karena tim dan pebalap dipanggil untuk rapat dengan Domenicali.

Baca juga: Red Bull benahi sistem bahan bakar cegah DNF Bahrain terulang

Bos Mercedes Toto Wolff mengatakan tim-tim telah sepakat untuk melangsungkan balapan dan bos tim Red Bull Christian Horner mengutuk serangan tersebut.

“Segala tindak terorisme tidak bisa dimaafkan,” kata Horner kepada Sky Sports F1. “Olahraga ini tidak seharusnya diintimidasi ke dalam posisi dan situasi seperti itu tidak dapat diterima.”

Kelompok Houthi yang didukung Iran telah memerangi koalisi yang dipimpin Arab Saudi selama tujuh tahun.

Kelompok itu meluncurkan rudal dan drone ke fasilitas energi dan desalinasi air milik Arab Saudi pada Minggu pekan lalu, kata kementerian energi dan kantor berita setempat.

Pada Desember, ledakan menimpa mobil tim Prancis yang mengikuti Reli Dakar di Arab Saudi.

Sumber Reuters pada Februari menyatakan penyelidik Prancis menemukan jejak bahan peledak di mobil yang hancur tersebut.

Sementara menteri luar negeri Arab Saudi menyatakan investigasi awal terkait ledakan mobil itu tidak menimbulkan kecurigaan atas tindakan kriminal.

Baca juga: Vettel masih diragukan tampil untuk Grand Prix Arab Saudi

Baca juga: Bos Red Bull puji rivalnya di Mercedes terbuka soal kesehatan mental

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Formula 1 Jeddah tetap berlangsung menyusul serangan kelompok Houthi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *