• May 18, 2022 3:45 am

Saudi Eksekusi 100 Orang sejak Awal Tahun Ini

ARAB Saudi menghukum mati empat orang pada Kamis (17/3). Dengan demikian, jumlah eksekusi menjadi 100 sejak awal tahun ini, menurut penghitungan AFP berdasarkan pernyataan resmi.

Eksekusi terbaru yang dilaporkan oleh Saudi Press Agency datang di tengah kecaman baru dari catatan hak asasi manusia kerajaan setelah 81 orang dihukum mati dalam satu hari minggu lalu.

Dari 100 eksekusi, tiga pada Rabu bertepatan dengan kunjungan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. PM Inggris berada di Riyadh untuk melobi kenaikan produksi minyak untuk membantu menstabilkan pasar setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Baca juga: Kapal Pembawa Mobil UEA Tenggelam, Iran Selamatkan Awaknya

Pada Sabtu, eksekusi Arab Saudi terhadap 81 orang dalam satu hari atas berbagai tuduhan, termasuk pelanggaran terkait terorisme. Angka ini melebihi total 69 orang yang dihukum mati sepanjang 2021.

Human Rights Watch mengatakan sangat tidak mungkin bahwa 81 orang itu menerima pengadilan yang adil. Ia menyebutnya sebagai, “Pertunjukan brutal dari pemerintahan otokratis.”

Lebih dari setengah dari mereka, 41 merupakan minoritas Muslim Syiah warga Saudi, “Yang telah lama menderita diskriminasi dan kekerasan sistemis oleh pemerintah,” kata kelompok hak asasi yang berbasis di New York itu.

Baca juga: Belum Ada Jadwal Pembicaraan Lanjutan Iran-Saudi

Arab Saudi mengatakan orang-orang itu, yang termasuk tujuh warga Yaman dan satu warga Suriah, kelompok ISIS, Al-Qaeda, pemberontak Huthi Yaman, atau organisasi teroris lain. (AFP/OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Saudi Eksekusi 100 Orang sejak Awal Tahun Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.