• May 18, 2022 3:48 am

Polisi Ungkap Peran 4 Teroris Banten, Ada Anggota Syam Organizer

Terduga teroris yang ditangkap Densus 88 di Kalteng bukan Jamaah Islamiyah, melainkan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).
Jakarta, CNN Indonesia

Polri membeberkan peran dari empat terduga teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) yang ditangkap di kawasan Banten pada Selasa (15/3) lalu.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan bahwa salah satu tersangka yang ditangkap merupakan anggota Syam Organizer.

“Tersangka UMB, keterlibatan sebagai anggota JI dan anggota Syam Organizer Banten bagian humas,” kata Ramadhan kepada wartawan, Rabu (16/3).

Syam Organizer merupakan organisasi sayap JI yang disebut polisi berperan menghimpun dana untuk kegiatan-kegiatan teroris. Kelompok ini membalut kegiatan kemanusiaan sebagai modus pendanaan terorisme.

Tersangka UMB merupakan warga Sukamulya, Kabupaten Tangerang yang sehari-harinya bekerja sebagai karyawan swasta.

Selain UMB, tersangka lain yang ditangkap berinisial GU. Dia adalah anggota Jamaah Islamiyah bidang Tholiyah. Bidang tersebut bekerja dalam mengamankan pelarian pada DPO.

Tersangka ketiga yang diringkus berinisial SS. Dia ditangkap di Jalan Kampung sukaluyu, Desa perahu, Kecamatan Sukamulya, Tanggerang, Banten pada Selasa pagi (15/3).

SS merupakan anggota Jamaah Islamiyah. Masih menjabat sebagai Kawil T3 Banten saat ditangkap.

Terakhir adalah SU yang ditangkap jalan akses Perum Villa Balaraja. Dia pun berperan dalam bidang Tholiyah seperti tersangka lain.

Densus 88 juga menangkap warga Tangerang berinisial TO (46). Selama ini TO bekerja sebagai PNS. Di balik itu semua, TO diduga memiliki perang penting di kelompok Jamaah Islamiyah.

“Keterlibatan TO sebagai sekretaris dan bendahara (JI) bidang Bayan Banten,” kata Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Selasa (15/3).

(mjo/bmw)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Polisi Ungkap Peran 4 Teroris Banten, Ada Anggota Syam Organizer

Leave a Reply

Your email address will not be published.