• May 19, 2022 6:07 pm

Abdul Mu’ti: Dokter Sunardi Bukan Warga Muhammadiyah

PP Muhammadiyah menyatakan dokter Sunardi, tersangka teroris yang tewas ditembak Densus 88 Antiteror Polri di Sukoharjo, Jawa Tengah bukan warga Muhammadiyah.
Jakarta, CNN Indonesia

Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah menyatakan dokter Sunardi, tersangka teroris yang tewas ditembak Detasemen Khusus (Densus88 Antiteror Polri di Sukoharjo, Jawa Tengah bukan warga Muhammadiyah.

“Soal dokter Sunardi, almarhum dan keluarganya bukan warga Muhammadiyah,” kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti dalam pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (11/3).

Meski demikian, kata Mu’ti, pihak berwenang perlu melakukan investigasi terhadap tindakan Densus 88 yang menembak dengan alasan Sunardi melakukan perlawanan.

Mu’ti mengingatkan hukum harus ditegakkan bagi siapa pun. Menurutnya, jika anggota Densus 88 terbukti melanggar prosedur tetap (protap), yang bersangkutan harus dihukum.

“Tindakan Densus 88 yang menembak yang bersangkutan dengan alasan melawan perlu ada investigasi dari pihak berwenang,” ujarnya.

Sebelumnya, Densus 88 hendak menangkap Sunardi di Sukoharjo, Jawa Tengah. Polisi terpaksa menembak Sunardi karena dinilai melakukan tindakan yang membahayakan masyarakat.

Sunardi merupakan petinggi kelompok Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI) dan Jemaah Islamiyah (JI).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan tindakan tim Densus 88 menembak Sunardi yang dianggap melawan dan membahayakan petugas sudah sesuai prosedur.

“Tindakan yang dilakukan oleh anggota kepolisian, dalam hal ini Densus sudah sesuai prosedur,” kata kepada wartawan, Jumat (11/3).

(iam/fra)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Abdul Mu’ti: Dokter Sunardi Bukan Warga Muhammadiyah

Leave a Reply

Your email address will not be published.