• April 25, 2024 5:31 pm

Jokowi Lantik Gubernur Termuda di Indonesia, Andi Sudirman Sulaiman

Andi Sudirman Sulaiman dilantik menjadi gubernur Sulawesi Selatan oleh Presiden Jokowi. Ia menggantikan Nurdin Abdullah yang terjerat kasus korupsi.
Jakarta, CNN Indonesia

Andi Sudirman Sulaiman resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) sisa masa jabatan 2018-2023. Andi menjadi gubernur termuda karena saat ini masih berusia 38 tahun.

Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3). Acara dimulai dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25P Tahun 2022. Kemudian, Jokowi mengambil sumpah jabatan Andi.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” kata Jokowi yang diikuti Andi, Kamis (10/3).

Andi menggantikan posisi Nurdin Abdullah. Nurdin meninggalkan kuris Gubernur Sulawesi Selatan usai terjerat kasus korupsi.

Nurdin-Andi terpilih memimpin Sulawesi Selatan melalui Pilkada Serentak 2018. Kala itu, mereka memperoleh 1.867.303 suara. Mereka mengalahkan tiga pasangan calon lain.

Pria kelahiran Bone, 25 September 1983 itu tidak tergabung dalam partai apa pun. Dia berlatar belakang seorang insinyur. Ia menuntaskan pendidikan sarjana di Universitas Hasanuddin.

Andi punya rekam jejak panjang berkarier di perusahaan tambang. Ia memulai karier di PT Thiess Contractor Indonesia pada 2007. Kemudian, ia bekerja untuk perusahaan tambang PT Petrosea Tbk. pada 2008-2009.

Ia pernah bekerja untuk PT Marine Engineering Services pada 2009-2014. Lalu, ia berkarier di PT Offshore Services Indonesia.

(dhf/bmw)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Jokowi Lantik Gubernur Termuda di Indonesia, Andi Sudirman Sulaiman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *