• May 26, 2022 6:42 pm

Wapres Minta Polri Tingkatkan Kemampuan Prediksi Dinamika Masyarakat

ByRedaksi PAKAR

Aug 19, 2016 ,

KEPOLISIAN RI diminta terus mempertajam kemampuannya dalam memprediksi dinamika masyarakat dengan berbagai dampaknya. Menurut Wakil Presiden Ma’ruf Amin, apabila kemampuan tersebut terus diasah, Polri akan terus berbenah dan bertransformasi dalam menjaga ketertiban dan keselamatan masyarakat.

“Tantangan Polri ke depan tidak mudah, seiring dengan dinamika sosial dan kemajuan teknologi digital yang makin cepat dan disruptif. Jajaran Polri dituntut semakin adaptif, lincah, transparan dan profesional, sehingga Polri dapat menjadi andalan dalam melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat,” kata Ma’ruf saat membuka acara Penyampaian hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik di Lingkungan Polri, Kamis (10/3).

Baca juga: Pengamat: Penceramah Radikal Manfaatkan Lemahnya Resistensi Masyarakat

Menurut Ma’ruf, saat ini publik menginginkan adanya transformasi di lingkungan Polri yang harapannya bukan sekadar inisiasi program, melainkan wujud dari gerakan transformasi secara menyeluruh. Transformasi Polri ini harus mampu menyentuh seluruh aspek, mulai dari organisasi, operasional, pelayanan publik, hingga pengawasan.

“Masyarakat Indonesia tentunya mendambakan kesatuan Polri yang semakin profesional sekaligus merakyat, yang terpantul dari pelayanan terbaiknya,” jelasnya.

Ma’ruf mengingatkan jajaran Polri bahwa publik saat ini terus melakukan pengawasan terhadap kinerja kepolisian. Pengawasan publik saat ini makin benderang dan tanpa bisa dibatasi karena mata kamera dan telinga masyarakat selalu hidup (on) memperhatikan gerak langkah kepolisian, yang dapat dengan mudah menjadi viral di masyarakat.

“Pahami bahwa pengawasan publik saat ini makin benderang dan tanpa batas,” tegasnya.

Karena itu, tambah Ma’ruf, dirinya meminta sejumlah hal yang dapat ditindaklanjuti untuk peningkatan kualitas pelayanan publik Polri. Polri diminta meningkatkan terus kompetensi SDM-nya, termasuk peningkatan literasi digital untuk mendukung kualitas Polri yang semakin profesional, kompeten, dan berkarakter.

“Kemudian manfaatkan modernitas teknologi digital untuk mendukung penegakan hukum yang tegas, adil, dan humanis sebagai bagian dari pelayanan publik,” ujarnya.

Selain itu, Polri diminta terus mengembangkan dan mengevaluasi kualitas layanan digital, seperti SKCK online, SIM Nasional Presisi (SINAR), Samsat Digital Nasional (SIGNAL), dan lain sebagainya. Masyarakat sebagai Sahabat Polri berhak mendapatkan kemudahan akses layanan di ujung jari, melalui telepon genggam atau perangkat lainnya. 

“Selain itu, penting pula bagi Polri untuk berpartisipasi dan bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota dalam pemberian layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP). MPP adalah wujud layanan publik yang terintegrasi pada satu tempat, sehingga akses layanan masyarakat dapat lebih mudah, cepat dan murah,” pungkasnya. (OL-6)


Sumber: Media Indonesia | Wapres Minta Polri Tingkatkan Kemampuan Prediksi Dinamika Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published.