• May 17, 2022 12:31 pm

Jokowi Lantik Gubernur Termuda Andi Sudirman Sulaiman Hari Ini

Jokowi akan melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan, Kamis (10/3). Dia akan menjadi gubernur termuda di usia 38 tahun.
Jakarta, CNN Indonesia

Presiden Joko Widodo akan melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan, Kamis (10/3). Andi akan menjadi gubernur termuda karena masih berusia 38 tahun.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pelantikan akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta. Jokowi akan memimpin acara pelantikan yang dimulai pukul 15.00 WIB itu.

Andi menduduki posisi sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan sebelum pelantikan ini. Dia akan menggantikan posisi Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah yang terjerat kasus korupsi.

Jokowi telah memberhentikan Nurdin melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 9 Tahun 2022. Keppres itu juga mengatur pengangkatan Andi sebagai Gubernur Sulawesi Selatan.

Situs resmi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mencatat Andi sebagai pria kelahiran Kabupaten Bone, 25 September 1983. Andi merupakan orang nonpartai yang berprofesi sebagai insinyur.

Lulusan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin itu pernah bergabung dengan perusahaan penyedia jasa pertambangan PT Thiess Contractor Indonesia pada 2007. Ia juga pernah bekerja di perusahaan tambang PT Petrosea Tbk. pada 2008-2009.

Andi bekerja untuk PT Marine Engineering Services pada 2009-2014. Kemudian, ia berkarier di PT Offshore Services Indonesia.

Andi mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan pada Pilkada 2018. Saat itu dia berpasangan dengan Nurdin Abdullah.

Nurdin-Andi meraih 1.867.303 suara pada perhelatan itu. Mereka dinyatakan sebagai pemenang Pilgub Sulawesi Selatan mengalahkan tiga pasangan calon lain.

(dhf/pmg)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Jokowi Lantik Gubernur Termuda Andi Sudirman Sulaiman Hari Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.