• May 18, 2022 4:11 am

Terduga Teroris di Lampung Ditangkap Densus di Empat Lokasi Berbeda

Mabes Polri menegaskan penangkapan terduga teroris dilakukan tak kenal hari dan momen tertentu. Penangkapan semata untuk mengamankan situasi.
Bandar Lampung, CNN Indonesia

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, menangkap sejumlah terduga teroris di lokasi berbeda di Provinsi Lampung, pada Senin (7/3/2022) kemarin.

Selain di Lampung, Mabes Polri membeberkan penangkapan pada awal pekan ini juga terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Enam terduga teroris di NTB dan lima terduga teroris di Lampung,” kata Karopenmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa (8/3).

Untuk di Lampung, berdasarkan informasi yang diterima CNNIndonesia.com, para terduga teroris diduga berafiliasi atau kelompok jaringan Jamaah Islamiyah (JI). Dari penangkapan para terduga pelaku teroris tersebut, turut diamankan sejumlah barang bukti.

Empat tempat tersebut adalah Hajimena dan Negara Ratu, Kecamatan Natar, Lampung Selatan. Kemudian di Kelurahan Srengsem, Kota Bandarlampung. Dan, di Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu.

Lurah Srengsem, Kota Bandarlampung, Hendra Saputra saat dikonfirmasi membenarkan ada salah satu warganya di RT 002 Lingkungan II Batu Serampok, Kelurahan Srengsem ditangkap Tim Densus 88 Antiteror pada Senin siang kemarin.

“Benar, ada warga kita berinisial GW (42) yang ditangkap. Tapi saya tidak tahu, terkait apa GW ditangkap Tim Densus 88 dan di bawa ke Polda Lampung,” ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (8/3).

“Saya dapat infonya dari petugas Bhabinkamtibmas, bahwa ada warga kita berinisial GW ditangkap. Untuk informasi lebih jelasnya seperti apa, silahkan ke Polda Lampung saja,” kata dia.

Ketua RT 002 Lingkungan II Batu Serampok, Jon Ferdiansyah, yang menyaksikan salah satu warganya dibawa Densus mengatakan ada pula sejumlah barang yang diamankan polisi.

“Yang dibawa dengan tim Densus dari dalam rumah terduga, satu tumpukan buku-buku. Tapi saya tidak tau persis mengenai buku-buku apa yang dibawa itu,” 

Terpisah, Kepala Dusun (Kadus) II Purwodadi, Desa Negara Ratu, Kecamatan Natar, Darmono saat dikonfirmasi membenarkan ada salah seorang warganya yang diamankan petugas Densus 88.

“Benar, ada satu warga kami yang diamankan. LR sudah sekitar 10 tahun tinggal disini (Dusun II Purwodadi),” kata dia.

Menurutnya, Keseharian LR ini, orangnya memang jarang bergaul dengan masyarakat setempat.

“Sepertinya tidak ada pekerjaan tetap. Setahu kami dan juga waga, dia (LR) usahanya jualan burung murai,” ujar Darmono.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad saat dikonfirmasi mengatakan giat tersebut,untuk memutus mata rantai agar tidak berkembangnya aksi-aksi terorisme khususnya di wilayah Lampung dengan cara melakukan penyelidikan dan penyidikan.

“Para terduga pelaku, sudah dibawa ke Mabes Polri. Sementara untuk keterangan lebih lanjutnya, itu kewenangan Tim Densus dan akan disampaikan oleh Densus serta Divhumas Mabes Polri,” katanya.

(zai/kid)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Terduga Teroris di Lampung Ditangkap Densus di Empat Lokasi Berbeda

Leave a Reply

Your email address will not be published.