• April 26, 2024 3:46 am

Kondisi Korban Selamat di Kampung Kago Sehat dan Stabil


EVAKUASI Nelson Sarera Karyawan PT Palapa Timur Telematika

(PTT) yang selamat dari aksi pembantaian di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, dilakukan, Sabtu (53).

Nelson adalah satu dari 9 karyawan PT Palapa Timur Telematika yang tengah melakukan pekerjaan perbaikan tower BTS. Delapan rekan Nelson tewas akibat serangan kelompok separatis teroris, Pada Rabu (2/3).

“Nelson dievakuasi dengan helikopter ke Timika dengan lancar dan aman,” kata Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga, Sabtu (5/3).

Ia menjelaskan proses evakuasi dilaksanakan pada hari Sabtu (5/3) pukul 07.30 WIT. Korban diterbangkan ke Detasemen Penerbangan TNI Angkatan Darat di Kampung Landu Mekar, Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika.

“Saat dievakuasi NS dalam kondisi stabil. Yang Bersangkutan merupakan

karyawan PT PTT dengan jabatan pada Department of FOP Palapa Timur Telematika (PTT). Kita bersyukur korban dapat selamat atas aksi penyerangan dan pembakaran oleh KSTP Puncak pada hari Rabu (2/3) sekitar pukul 03.00 Wit di Site Repeater B3 Palapa Timur Telematika (PTT) di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak,” jelas Kapendam.

Proses evakuasi, lanjutnya, dilakukan oleh aparat TNI/Polri beserta pihak terkait dan PT PTT menggunakan pesawat helikopter Komala Indonesia dan Helikopter Penerbad Bell-412.

Proses evakuasi diawali proses pengecekan pada pukul 07.30 WIT bersama PT PTT. Pada pukul 09.30 WIT, helikopter Penerbad Bell-412EP/HA-5177 terbamg menuju site tepeater B3 Palapa Timur Telematika (PTT) di Beoga, Kabupaten Puncak diikuti Helikopter Komala Indonesia, AS 350 B3E/PK-KIE.

“Sekitar Pukul 10.50 WIT helikopter Komala Indonesia mendarat di Timka dengan membawa karyawan dalam kondisi selamat,” tandasnya.

Setelah itu, Nelson dibawa dengan ambulans Dokkes Polres Mimika ke kantor Polres Mimika guna mendapat penanganan medis dan dan proses permintaan keterangan dari korban.

Kapendam Kol Aqsha juga menyatakan proses evakuasi korban yang meninggal dunia akan dilaksanakan pada hari Minggu (6/2). “Mohon doanya dari kita semua, semoga proses evakuasi korban berlangsung aman dan lancar. Salah satu korban adalah anaknya kepala Suku Gome di Ilaga.” (N-2)


Sumber: Media Indonesia | Kondisi Korban Selamat di Kampung Kago Sehat dan Stabil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *