• May 18, 2022 5:03 am

MBS: Saudi dan Israel Dapat Menjadi Sekutu jika…

ISRAEL dapat menjadi sekutu potensial Arab Saudi jika konflik dengan Palestina diselesaikan. Ini disampaikan Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman (MBS) pada Kamis (3/3).

“Kami melihat Israel sebagai sekutu potensial. Akan tetapi sebelum itu harus menyelesaikan masalahnya dengan Palestina,” kata perusahaan berita milik negara Saudi, SPA, mengutip MBS sebagaimana dilansir The Jerusalem Post.

Sebelumnya, pasukan Israel membunuh tiga warga Palestina pada Selasa (1/3) dalam dua insiden terpisah di Tepi Barat yang diduduki. Menurut Kementerian Kesehatan Palestina, Ammar Shafiq Abu Afifa dibunuh oleh pasukan pendudukan Israel yang menembaknya di dekat kota Beit Fajar. Abu Afifa ialah penduduk kamp pengungsi Al-Aroub di utara Hebron di Tepi Barat yang diduduki, kantor berita resmi Palestina Wafa melaporkan. 

Tentara Israel mengatakan pasukan pengamat telah mengidentifikasi dua tersangka di dekat pemukiman Israel di dekat Beit Fajar. “Pasukan menggunakan prosedur operasi standar, akhirnya menembaki tersangka ketika mereka tidak berhenti melarikan diri,” katanya dalam pernyataan. Seorang tersangka kemudian dinyatakan tewas, kata militer, seraya menambahkan bahwa insiden itu sedang diselidiki.

Secara terpisah, pasukan Israel membunuh dua warga Palestina sebelum fajar pada Selasa setelah mendapat kecaman selama serangan penangkapan di Tepi Barat utara, kata polisi perbatasan Israel dan otoritas kesehatan Palestina. Polisi perbatasan mengatakan petugas dan polisi yang menyamar memasuki kamp pengungsi Jenin untuk menangkap seorang tersangka yang dicari karena kegiatan teroris.

“Setelah penangkapan tersangka, ketika pasukan meninggalkan rumah, tembakan besar dilepaskan dari beberapa arah. Pasukan rahasia yang beroperasi di tempat kejadian merespons dengan tembakan langsung,” kata polisi. Ketika polisi mencapai kendaraan mereka, penyerang lain menembak ke arah pasukan, “Yang merespons dengan tembakan akurat,” klaim mereka.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan dua pria tewas dalam pertempuran itu. Wafa mengidentifikasi mereka sebagai Abdullah al-Hosari, 22, dan Shadi Khaled Najm, 18. Pasukan menangkap Imad Jamal Abu al-Heija, seorang tahanan yang dibebaskan, Wafa melaporkan.

Baca juga: Israel Batalkan Syarat Tangkap Hamas bagi Turki untuk Rekonsiliasi

Kantor berita itu mengatakan pembunuhan dua warga Palestina itu memicu pawai besar-besaran dan kemarahan di Jenin.

Serangan penangkapan menjadi salah satu dari beberapa serangan Israel baru-baru ini ke kota-kota Tepi Barat. Bulan lalu, pasukan Israel membunuh tiga tersangka Palestina dalam serangan siang hari di kota Nablus, Tepi Barat utara. 

Israel merebut Tepi Barat dari Yordania dalam Perang Enam Hari tahun 1967. Sejak itu telah membangun serangkaian pemukiman di seluruh wilayah yang dianggap ilegal menurut hukum internasional tetapi merupakan rumah bagi sekitar 475.000 warga Israel. (AFP/OL-14)


Sumber: Media Indonesia | MBS: Saudi dan Israel Dapat Menjadi Sekutu jika…

Leave a Reply

Your email address will not be published.