• September 26, 2022 10:16 pm

Kemenpan RB: KIPP jaring praktik pelayanan publik terbaik

ByRedaksi PAKAR

Feb 24, 2022
Kemenpan-RB: Nilai-nilai inti jurus jitu tangkal radikalisme pada ASN
Jakarta (ANTARA) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menggelar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2022 yang salah satunya bertujuan menjaring pelayanan publik terbaik dari instansi pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah).

Sekretaris Kemenpan RB Rini Widyantini, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, mengatakan KIPP merupakan salah satu langkah strategis Pemerintah dengan tujuan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

“Sejak tahun 2014, penyelenggaraan KIPP menjadi salah satu upaya Pemerintah untuk membiasakan budaya praktik terbaik bagi penyelenggara pelayanan publik. Ajang ini juga menggaungkan gerakan One Agency, One Innovation yang mewajibkan tiap instansi pemerintah untuk melahirkan satu inovasi setiap tahun,” kata Rini saat membacakan sambutan Menpan RB Tjahjo Kumolo pada peluncuran KIPP Tahun 2022 secara virtual.

Lewat ajang KIPP Tahun 2022, Rini optimistis akan semakin banyak praktik pelayanan publik berpartisipasi dalam kompetisi tersebut, sehingga menunjukkan Pemerintah terus berbenah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dia menambahkan kompetisi tersebut bukan hanya bertujuan mendorong praktik terbaik pelayanan publik melalui inovasi, tetapi juga mengembangkan upaya berkesinambungan untuk menyebarluaskan pelayanan tersebut.

Selain itu, lanjutnya, dilakukan pula pelembagaan terhadap praktik terbaik pelayanan publik, sehingga inovasi di birokrasi pemerintahan dapat terus berkelanjutan.

Baca juga: Kemenpan-RB: Nilai-nilai inti jurus jitu tangkal radikalisme pada ASN

Baca juga: Kemenpan RB optimalkan transformasi menuju “Smart Government” 2022

“Dengan demikian, tujuan percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui praktik terbaik dalam rangka mendorong capaian reformasi birokrasi dapat segera terpenuhi,” jelasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa menjelaskan penyelenggaraan KIPP merupakan langkah pembinaan terhadap inovasi pelayanan publik secara khusus.

Selain sebagai pelaksanaan reformasi birokrasi, KIPP juga bertujuan mendorong tumbuh dan berkembangnya model pelayanan yang inovatif.

“Inovasi yang diciptakan, diharapkan bukan hanya sebatas gagasan kreatif, namun juga dalam penerapannya dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas pelayanan publik,” ujar Diah.

Rangkaian KIPP Tahun 2022 diselenggarakan mulai Februari hingga Oktober 2022, dengan meliputi tahap pengajuan proposal, seleksi administrasi, penilaian proposal, pengumuman finalis Top Inovasi, presentasi dan wawancara finalis Top Inovasi, verifikasi dan observasi lapangan, pengumuman Top Inovasi Terpuji, serta diakhiri dengan penyerahan penghargaan.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Kemenpan RB: KIPP jaring praktik pelayanan publik terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published.