• May 17, 2022 11:37 am

Saksi Tegaskan Munarman Tak Lakukan Baiat ISIS di Acara FPI Makassar

Hakim PN Jaktim menegaskan sidang dengan agenda putusan sela Munarman akan dilanjutkan Januari 2022. JPU singgung pembunuhan laskar FPI.
Jakarta, CNN Indonesia

Saksi berinisial S, yang merupakan anggota FPI Makassar, membantah ada kegiatan baiat berkedok seminar yang dihadiri oleh mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman.

Hal itu disampaikan S saat menjadi saksi yang meringankan atau A de Charge dalam sidang perkara dugaan tindak pidana terorisme dengan terdakwa Munarman di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (23/2).

Diketahui, dalam dakwaan jaksa, Munarman disebut menghadiri acara baiat di Markas FPI Makassar pada 24 Januari 2015. Dalam dakwaan disebut acara itu adalah acara baiat yang berkedok seminar.

“Tidak ada baiat, tidak ada baiat (ISIS),” ujarnya dalam persidangan.

Saksi S yang bertugas menjaga keamanan dalam acara tersebut juga mengaku tidak melihat sosok Munarman berbicara tentang ISIS. Hal itu ia sampaikan ketika menjawab pertanyaan dari tim kuasa hukum Munarman.

“Apakah ada Pak Munarman menyampaikan ajakan ‘ayo sama-sama dukung ISIS? Baiat ke ISIS,” cecar kuasa hukum.

“Sama sekali tak ada,” jawab saksi S.

“Ketika acara itu selesai, apa sikap teman-teman FPI? Apa ada semangat untuk melakukan hal-hal jihad kekerasan,” tanya kuasa hukum.

“Tidak ada,” jawab saksi S.

Dalam persidangan sebelumnya, seorang advokat berinisial LH menilai Munarman mempunyai pandangan berbeda dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Hal itu disampaikan LH saat menjadi saksi dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (21/2).

LH berpendapat maklumat FPI tidak sejalan dengan ISIS. Ia berujar isi maklumat dimaksud yaitu ukhuwah islamiyah dan tetap istiqomah di jalur NKRI dan menjaga ukhuwah islamiyah dari dunia barat.

Sebagai informasi, maklumat FPI merupakan salah satu bukti pelapor yang mengakibatkan Munarman dituduh terlibat dalam tindak pidana terorisme.

Dalam sidang yang digelar 24 Januari 2022 lalu, mantan anggota Laskar FPI Makassar inisial AM menyebut imam besar FPI Rizieq Shihab pernah mengeluarkan maklumat dukungan terhadap ISIS dan Alqaeda pada Milad ke-17, Agustus 2014 silam. Dia mengaku hadir dalam acara tersebut.

Dalam maklumatnya FPI mendukung seruan dan nasehat pimpinan Al-Qaeda dan pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi di Irak untuk bersatu melanjutkan jihad di Suriah, Irak, Palestina dan negeri-negeri Islam yang tertindas.

Munarman ditangkap Densus 88/Antiteror di kediamannya di Pamulang, Tangerang Selatan, pada 27 April 2021 lalu karena diduga terlibat dalam tindak pidana terorisme.

Jaksa lantas mendakwa Munarman telah menggerakkan orang lain untuk melakukan ancaman kekerasan dan tindak pidana terorisme. Munarman disebut melakukan itu lebih dari sekali di tempat berbeda.

(tfq/DAL)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Saksi Tegaskan Munarman Tak Lakukan Baiat ISIS di Acara FPI Makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published.